Krisyanto dari PKS, Sugeng Ahmady dari Partai Golkar dan Siryono dari PDI Perjuangan (ketiganya urut dari kanan ke kiri), berpeluang untuk kembali duduk di kursi Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri masa bakti 2024-2029.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kuartet Partai Politik (Parpol), berpeluang menempatkan anggotanya untuk duduk di kursi Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri masa bakti 2024-2029. Yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKS dan Partai Gerindra.

Prediksi format Pimpinan DPRD Wonogiri untuk 5 tahun ke depan ini, didasarkan atas pemilikan kursi keempat Parpol tersebut di lembaga DPRD Kabupaten Wonogiri. Sebagaimana diberitakan, 50 anggota DPRD Kabupaten Wonogiri hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 telah dikukuhkan Kamis (15/8/24).

PDI Perjuangan sebagai pemenang pertama Pileg 2024 memiliki 27 kursi, menyusul Partai Golkar sebagai pemenang kedua 7 kursi. Kemudian PKS dan Partai Gerindra, yang menjadi pemenang ketiga dan keempat, masing-masing memiliki 5 dan 4 kursi.

Susunan kepemimpinan DPRD ini, akan mengulang seperti yang terjadi pada periode sebelumnya (2019-2024). PDI Perjuangan yang waktu itu mendapatkan 28 kursi, menempatkan Sriyono menjadi Ketua DPRD Wonogiri. Kemudian Partai Golkar dengan 8 kursi menempatkan Sugeng Ahmady menjadi Wakil Ketua. Dua kursi Wakil Ketua lainnya, ditempati oleh Krisyanto (PKS) dan Siti Hardiyanti (Partai Gerindra). PKS dan Partai Gerindra, pada periode lalu masing-masing memiliki 4 kursi di DPRD Wonogiri.

Bisa jadi, untuk periode lima tahun mendatang, Sriyono akan kembali menjadi Ketua DPRD Wonogiri. Sementara dua kursi Wakil Ketua akan ditempati kembali oleh Sugeng Ahmady dan Krisyanto. Kursi Wakil Ketua dari Partai Gerindra akan ditempati wajah baru, mengingat Siti Hardiyanti tidak lagi terpilih.

Anggota DPRD Wonogiri dari PKS, Wawan Arifianto, menyatakan, bisa jadi fraksinya akan menunjuk kembali Krisyanto, untuk tetap menempati kursi Wakil Ketua DPRD Wonogiri. Hal ini mempertimbangkan senioritas Krisyanto yang terpilih kembali menjadi Anggota DPRD masa bakti 5 tahun mendatang.

Stok Lama

Empat dari 5 pemilikan kursi PKS kali ini ditempat oleh anggota baru. Termasuk Wawan Arifianto yang merupakan wajah baru berstatus stok lama, mengingat pernah menjadi Anggota Fraksi PKS di DPRD Wonogiri pada periode 2014-2019.

Prediksi untuk pembentukan fraksi di DPRD Wonogiri, diperkirakan formatnya masih sama dengan periode 2019-2024, yakni sebanyak 5 fraksi. Terdiri atas Fraksi PDI Perjuangan (27 kursi), Fraksi Partai Golkar (7 kursi), Fraksi PKS (5 kursi) dan Fraksi Partai Gerindra (4 kursi), ditambah Fraksi Gabungan.

Dalam Fraksi Gabungan, akan bergabung tiga Parpol Parlemen, terdiri atas PAN (3 kursi) bersama PKB dan Partai Demokrat yang masing-masing memiliki 2 kursi. Susanto, Anggota DPRD dari Partai Demokrat, mewacanakan nama Fraksi Gabungan koalisi 3 Parpol tersebut, sebagai Fraksi Amanat Kebangkitan Demokrat (FAKD).

Susanto, juga terhitung sebagai wajah baru stok lama, karena seperti halnya Wawan Arifianto, dia juga pernah duduk menjadi Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri pada periode 2014-2019. Saat ini, dia berdua dengan Sugiharno rekan sesama Partai Demokrat, juga sama-sama menyandang status wajah baru stok lama.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Wonogiri, Sriyono, mengumumkan agenda perdana rapat paripurna akan digelar hari ini Jumat (16/8). Yakni rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato Presiden berkaitan dengan rangkaian HUT Ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.(Bambang Pur)