TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 72 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tegal tahun 2024, dikukuhkan oleh Pj Walikota Tegal, Dadang Somantri di Gedung Adipura Kota Tegal, Kamis (15/8/2024) malam.

Acara pengukuhan turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Pembina, Pelatih dan Pengatur Paskibraka Kota Tegal dan orang tua dari Anggota Paskibraka.

Paskibraka yang dikukuhkan akan menjalankan tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih  pada Upacara Detik-detik Proklamasi di Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 dan menurunkan Sang Saka Merah Putih pada Aubade pada Kamis (17/8/2024) di Jl Pancasila Kota Tegal.

Sesaat setelah mengukuhkan, Pj  Walikota Tegal menyampaikan bahwa upacara pengukuhan ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi merupakan simbol dari tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan kepada para anggota paskibra.

“Pasukan Pengibar Bendera adalah bagian integral dari pelaksanaan upacara kenegaraan, khususnya dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” tutur Dadang Somantri.

Dadang menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan, proses seleksi dan pelatihan yang telah dijalani menunjukkan betapa besar kesungguhan dan tekad untuk menjadi bagian dari Paskibraka Kota Tegal.

“Saya yakin, setiap tetes keringat dan usaha yang kalian curahkan selama pelatihan akan  membuahkan hasil yang  membanggakan,” papar Dadang Somantri.

Kepada para Pelatih dan Pembimbing Paskibraka, Pj Walikota Tegal juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan usaha yang telah diberikan dalam membimbing dan melatih para anggota Paskibra. Ia juga mengimbau agar terus menjadi panutan dan sumber inspirasi bagi generasi muda kita, dan teruslah membimbing mereka untuk menjadi individu yang tangguh dan berjiwa patriotik.

Kepada Orang Tua dan keluarga anggota paskibra, terima kasih atas dukungan dan doa yang telah diberikan. Menurutnya peran serta keluarga sangat penting dalam mendukung dan mendorong anak-anak untuk terus berprestasi.

Dadang Somantri, berharap semoga Anggota Paskibraka Kota Tegal dapat  menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya serta diberikan kemudahan dan kelancaran.

Sutrisno