Para anggota Paskibraka Kabupaten Pacitan menjalani pengukuhan, dan siap melaksanakan tugas pada upacara Tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji hari ini, Kamis (15/8/24) resmi mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pacitan Tahun 2024.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara pengukuhan berlangsung di Pendapa Kabupaten Pacitan. Ikut hadir dalam upacara pengukuhan, jajaran Forkompimda, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah (Sekda) bersama para orang tua anggota Paskibraka.

Disebutkan, anggota Paskibraka adalah putra-putri terpilih, yang sudah menjalani pelatihan intensif. Mereka akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih, dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

“Setelah melalui tahapan seleksi yang amat ketat, dan latihan yang sangat berat dan melelahkan, akhirnya adik-adik hari ini dapat dikukuhkan menjadi Paskibraka Kabupaten Pacitan Tahun 2024,” kata Bupati Indrata Nur Bayuaji.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, anggota Paskibraka akan mengemban tugas mulia, yaitu mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih pada upacara Tanggal 17 Agustus 2024 mendatang. Paskibraka juga merupakan duta Pancasila, yang akan mengemban tugas-tugas dan ikut menjaga keberlangsungan ideologi Pancasila, sebagai dasar negara dan falsafah bangsa Indonesia.

Bupati berharap, kalian menjadi putra terbaik bangsa, yang senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjaga tetap tegaknya empat pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD-45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Apresiasi juga diberikan Bupati kepada para pembina, pembimbing, pamong dan pelatih, atas upaya dalam membimbing dan melatih putra-putri terbaik Pacitan. Pengukuhan diawali dengan Pembacaan Ikrar Putra Indonesia, yang dipandu oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pacitan, Muniirul Ichwan. Dirangkai dengan pemasangan atribut sabuk “kendit” oleh Bupati Pacitan.(Bambang Pur)