Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kudus (PC IMM) Kudus secara resmi melaksanakan program kerja dari bidang perkaderan yaitu Darul Arqom Madya Nasional, Rabu 14 Agustus 2024.. Foto: Agus

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kudus (PC IMM) Kudus secara   resmi melaksanakan program kerja dari bidang perkaderan yaitu Darul Arqom Madya Nasional, Rabu 14 Agustus 2024. Pembukaan acara ini dilaksanakan di Pendopo Wakil Bupati Kudus.

Dalam acara ini hadir Kesbangpol, Pimpinan Daerah Muhammadiyah kudus, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kudus, Rektor UMKU, DPD IMM Jawa tengah, Instruktur IMM Jawa Tengah dan seluruh peserta DAMNAS.

Ketua umum Immawan Azizul Ghofar menyampaikan bahwa gerakan perkaderan IMM yang ada di Kudus ini harus terus dimasifkan. “Komisyariat melaksanakan perkaderan Darul Arqom Dasar (DAD) maka ini juga harus disusul oleh Pimpinan Cabang yaitu dengan mengadakan Darul Arqom Madya supaya pengkaderan di Kudus ini terus berlanjut tidak berhenti di Darul Arqom Dasar saja,” ujarnya

Ia juga menjelaskan, tema besar GUSJIGANG ini bukan tanpa alasan tetapi tema ini merupakan tagline dari PC IMM Kudus sebagai aktivis GUSJIGANG yaitu menanamkan pada diri kader-kader semua nilai-nilai yang  ada pada akronim GUSJIGANG tersebut.

Ketua Panitia Immawan Agus Jayanto menyampaikan terkait tema besar pada DAMNAS PC IMM Kudus yaitu GUSJIGANG merupakan akronim  Bagus Ngaji dan Dagang. “Bagus merupakan istilah jawa yang berarti berbudi pekerti baik, sopan santun terhadap lingkungan sekitar. Ngaji merupakan istilah menuntut ilmu atau belajar kepada guru. Kemudian Kita ketahui bahwa islam masuk dikudus ini lewat jalur perdagangan pada saat itu banyak pedagang-pedagang muslim yang disamping ia berjualan dia juga berdakwah di daerah Kudus.

Harapannya dengan diusungnya tema ini kader-kader semua bisa mengambil dan menanamkan pada diri masing nilai GUSJIGANG tersebut. Karna akhlak yang baik pandai dalam belajar dan ahli dalam berdagang merupakan kombinasi yang pas dalam kehidupan sosial kita bermasyarakat.

Fitrianto selaku kepala Kesbangpol menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif karna dapat menumbuh spirit juang dalam diri anak muda sekalian, saya merasa bangga atas apa yang telah dilakukan oleh PC IMM Kudus saat ini dengan merawat falsafah budaya GUSJIGANG sampai saat ini.

Sedangkan Normuslikan selaku Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus menyampaikan bahwa IMM ini diisi oleh mahasiswa yang memiliki intelektual yang tinggi dan semangat juang yang pantang menyerah. “Lewat perkaderan ini harapannya tumbuh kader-kader muda muhammadiyah di Kudus yang memiliki nilai-nilai GUSJUGANG yang ada didalam dirinya,” pungkasnya

Di akhir pembukaan DAMNAS, PC IMM Kudus melakukan penyerahan kenang-kenangan kepada pihak Kesbangpol yang telah bersedia untuk menyongsong keberlancaran acara perkaderan ini.

Lalu acara pembukaan DAMNAS PC IMM Kudus ditutup dengan stadium general oleh Doktor Abdul Jalil yang bertujuan untuk memantik semangat para peserta dalam mengikuti Darul Arqom Madya Nasional yang dilaksanakan PC IMM Kudus.

Hadepe – Agus