Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih hadir di Kantor DPP PDIP Jakarta Pusat, Rabu 14/8, guna menerima rekomendasi maju Pilkada November mendatang.(Foto:SB/DPP PDIP)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Pasangan petahana Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) resmi memperoleh rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen pada Pilkada 27 November 2024.

Surat rekomendasi untuk Arif-Rista dibacakan langsung oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan dihadiri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama jajaran pengurus DPP, di Kantor Jalan P Diponegoro No 58, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Arif-Rista bersama puluhan calon Kepala Daerah baik Gubernur,  Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati mengenakan baju PDIP berwarna merah muda.

Arif bersyukur pada Pilkada tahun ini kembali mendapat amanah dari PDIP untuk maju sebagai calon Bupati bersama dengan Ristawati. Dengan diberikannya rekomendasi ini, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu bergandengan tangan mewujudkan Kebumen yang Pasti.

“Pasti di sini adalah kita tidak boleh ragu-ragu, tidak boleh abu-abu. Tapi harus terang benderang. Itulah yang disebut Pasti. Pasti di sini adalah kita ingin pembangunan di Kebumen itu ada kepastian dan keberlanjutan, agar dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat,”ujar Bupati di kantor DPP PDIP.

Arif Sugiyanto bersama para calon kepala daerah menghairi undangan DPP PDIP, Rabu 14/8.(Foto:SB/DPP PDIP)

Lebih lanjut Arif menuturkan, Kebumen Pasti yang dimaksud adalah Progresif, Agamis, Sejahtera, Transparan dan Inovatif (PASTI).

Menurutnya, pembangunan di Kebumen harus progresif, agamis mengedepankan akhlak, agar terwujud kesejahteraan masyarakat dengan transparan dan inovasi yang baik.

Arif menyebut, tantangan kita yang harus diselesaikan adalah membebaskan predikat sebagai kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Karena itu, lanjut dia, dibutuhkan kolaborasi dan komitmen yang kuat untuk bekerja secara sungguh-sungguh dalam menyelesaikan problem kemiskinan tersebut.

“Alhamdulillah pondasi-pondasi sudah kita letakkan. Kita perkuat cakar kita untuk berpijak lebih kuat melompat ke atas. Hal ini bisa kita rasakan dengan banyaknya penghargaan yang berhasil diraih. Dalam hal lonjakan ekonomi, kita berhasil menekan inflasi dengan mendapat TPID Award. Pendidikan kita juga semakin baik, begitu juga pelayanan publiknya,”ujarnya.

“Lalu, Alhamdulillah kita juga mendapatkan UHC Award sebagai bentuk jaminan kesehatan untuk seluruh warga Kebumen, dan kita perkuat UMKM sebagai roda perekonomian masyarakat dengan pemberian bantuan Rp 1,25 juta, dengan total anggaran Rp 90 miliar. Harapannya, perekonomian kita semakin kuat, dan masyarakat sejahtera,”imbuhnya .

Terkait turunnya rekomendasi, Bupati menyebut sudah memenuhi syarat untuk maju sebagai calon Bupati. Selain dari PDIP dengan 11 kursi di DPRD, pihaknya juga memperoleh dukungan dari PAN dan PPP. Tentu masih terus membangun komunikasi dengan partai politik lain. Pihaknya meminta semua pihak untuk menunggu keputusan resminya.

“Untuk rekom yang lain mohon bersabar. Yang pasti kita masih membangun komunikasi yang baik dengan partai politik. Insya Allah kita berdoa bersama agar jalannya dipermudah. Yang pasti kita ingin bekerja lebih giat lagi untuk Kebumen Pasti,”tegasnya.

Pada Rabu 14/8 hari ini DPP PDIP mengumumkan calon Kepala Daerah secara serentak. Setidaknya ada 305 calon Kepala Daerah baik calon Gubernur/calon Wakil Gubernur, calon Bupati/calon Wakil Bupati, calon  Walikota dan calon wakil Walikota yang diumumkan mendapat rekomendasi dari PDIP.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi menegaskan, dengan adanya keputusan resmi dari DPP PDIP ini,seluruh kader, simpatisan, dan pengurus partai di tingkat DPC, PAC, hingga ranting, DPRD, caleg, dan manta caleg harus solid dan bersatu untuk memenangkan pasangan Arif-Rista.

“Tidak ada lagi polemik internal. Semua pihak harus fokus untuk memenangkan Pilkada Kebumen dan melanjutkan pembangunan daerah bersama Arif-Rista,”tegas Saiful Hadi.

Komper Wardopo