Sebanyak 50 wakil rakyat resmi dilantik menjadi Anggota DPRD Kota Semarang periode 2024 - 2029 di Gedung Dewan Balai Kota Semarang, Rabu 14 Agustus 2024. Foto : Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 50 orang wakil rakyat dari berbagai partai politik hasil pemilu legislatif 2024 resmi dilantik jadi anggota DPRD Kota Semarang periode 2024 – 2029.

Pengambilan sumpah para anggota DPRD Kota Semarang dilaksanakan di Gedung Dewan Balai Kota Semarang, Rabu siang 14 Agustus 2024.

Anggota dewan yang dilantik adalah dari PDIP 14 orang, GERINDRA tujuh orang, DEMOKRAT enam orang, PKS 6 orang, PKB lima orang, PSI lima orang, GOLKAR empat PAN, NASDEM, dan PPP masing-masing satu orang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, usai acara pelantikan memberikan ucapan selamat dan berharap k edepannya antara legislatif dan eksekutif bisa bekerja sama membangun Kota Semarang.

“Selamat kepada anggota dewan yang baru dilantik, harapannya nanti baik dari teman-teman di dewan bisa bekerja beriringan dengan kami di Pemkot,” katanya.

Senada, Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin, mengatakan tahun 2024 yang tinggal beberapa bulan lagi berganti diharapkan dari dewan bisa langsung bekerja terkait dengan kebijakan penganggaran.

“Ya sekarang kan sudah Agustus, secepatnya dari kami (pemkot) dan teman-teman di dewan bisa langsung merencanakan untuk di 2025 mendatang. Semoga sinerginya jadi lebih baik demi Kota Semarang lebih sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Dewan Sementara, Kadarlusman, mengatakan, para dewan yang baru dilantik tersebut secepatnya akan langsung bersidang untuk menentukan pembagian kerja.

“Setelah ini nanti kita akan rapat sidang untuk menentukan Ketua Dewan dan Wakil Ketua Dewan. Ini juga kita masih rapat untuk pembagian fraksi, komisi-komisi, dan AKD (alat kelengkapan dewan),” katanya.

Hery Priyono