JEPARA (SUARABARU.ID) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara angkatan ke-XVII bersama Duta Wisata Jepara baru-baru ini menggelar acara promosi Pantai Salor yang terletak di Desa Mororejo dengan peserta 30 orang dari kelompok sadar wisata (pokdarwis). ”Kegiatan promosi ini berupa sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan pariwisata dan pengembangan potensinya,” ujar Wahyu Java Nur Zaman ketua tim KKN Desa Mororejo (11/8-2024).

Menurutnya, kebersihan Pantai Salor dengan pasir putihnya dan laut jernihnya menambah daya pikat wisatawan. ”Apalagi dengan adanya fasilitas coconut lodge resort dan villa suerte menambah kenyamanan para wisatawan yang ingin berlibur di Jepara dan menikmati keindahan pantainya,” tambah Wahyu.

Acara ini  mendatangkan narasumber Dikie Kurniawan Duta Wisata Jepara. Beliau menyampaikan tentang cara mengoptimalkan pengelolaan pariwisata yang baik. ”Intinya pengelola harus mengetahui potensi desa pariwisata dan menentukan target pasarnya,” jelasnya. Setelah itu, pengelola membuat rencana strategis untuk pengembangan pariwisata melalui promosi, memperkuat branding, dan penggembangan keberagaman produk pariwisata, tambahnya.

Dikie menjelaskan lebih lanjut tentang cara mempromosikan pariwisata, yakni melalui branding untuk membangun citra destinasi yang kuat dan unik. ”Digital marketing saat ini pengaruhnya juga sangat besar untuk berpromosi. Kita bisa juga gunakan media sosial,” ungkapnya. Kerjasama yang baik dengan agen travel sangat penting untuk memperluas pangsa pasar, katanya.

Kepala Desa Mororejo Sunaji menyambut positif atas inisiatif kegiatan ini, ”Kami sangat berterima kasih kepada tim KKN UNISNU dan Duta Wisata atas upaya mereka dalam mempromosikan Pantai Salor. Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan membawa manfaat ekonomi bagi desa kami,” ucapnya. Ia berharap Pantai Salor semakin dikenal luas dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di kabupaten Jepara yang mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

ua/silvia