Rizki Juniansyah. Foto: dok/kemenpora

PARIS (SUARABARU.ID)– Lifter kebanggaan Indonesia, Rizki Juniansyah, suksess mempersembahkan medali emas kedua buat Indonesia, di Olimpiade Paris 2024.

Rizki juga mengukir sejarah, sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade. Selain itu, Rizki juga sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk, dengan angkatan 199 kg.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, bisa buat sejarah medali emas pertama untuk angkat besi di Olimpiade. Ini untuk angkat besi Indonesia. Ini untuk HUT Ke-79 RI,” kata Rizki usai menerima kalungan medali, seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora, Jumat (9/8/2024).

BACA JUGA: Bupati Kudus Berikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD

Salah satu mood boster Rizki adalah, dihadirkannya keluarganya di Paris. Chief de Mission (CdM) Indonesia, Anindya Bakrie, langsung menerbangkan sang ibu Yeni Rohaeni Durachim dan kakaknya Riska Anjani Yasin.

”Kehadiran keluarga jadi support nomor satu. Saya ada dalam rahim mama. Mama yang terbaik. Setiap saya cium kaki dan cuci kaki mama serta meminumnya, Alhamdulillah, selalu berkah,” jelas Rizki.

Pada debutnya di World Championship 2022, Rizki berhasil meraih medali emas dan perak. Lifter asal Serang, Banten itu, juga merupakan pemegang world record untuk angkatan total 365 kg pada World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

BACA JUGA: Bupati Ajak MKKS SMP di Blora ikut Atasi Persoalan Anak Tidak Sekolah

Veddric Leonardo. Foto: dok/kemenpora

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, menyampaikan apresiasinya kepada atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo, setelah berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

”Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Veddriq dan keluarga, pelatih, FPTI dan seluruh masyarakat Indonesia, yang telah memberikan support dan doa untuk atlet-atlet kita di Paris,” kata Menpora Dito, usai menyaksikan perjuangan Veddriq di Le Bourget, Kamis (8/8/2024).

Menurut dia, pemerintah akan terus berkomitmen mendukung cabor yang memiliki potensi meraih medali, di tingkat kompetisi tertinggi dunia seperti olimpiade.

BACA JUGA: Potensi Jenderal Vs Jenderal di Pilgub Jateng, Relawan Banteng Perkasa: Andika Magnet Besar di Jateng

Menpora menilai, potensi atlet panjang tebing Indonesia sangat menjanjikan, karena memiliki banyak atlet usia dini. Pemerintah pun berharap, FPTI mampu melakukan pembinaan dengan lebih baik.

Sedangkan Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid menilai, Veddriq Leonardo memang memiliki mental juara. Prestasinya sangat stabil dan membanggakan di beberapa kompetisi bergengsi panjat tebing dunia.

Disampaikan dia, Veddriq memang tampil luar biasa dan punya mental juara. Di kejuaraan dunia yang selalu diikutinya, hampir selalu ada di podium.

”Tadi euforianya luar biasa sekali. Banyak sekali suporter Indonesia tidak kuasa menahan air mata, karena terharu. Apalagi saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan di hadapan publik dunia, dan Merah Putih dikibarkan, suasananya luar biasa sekali,” ungkapnya.

Riyan