Pengukuhan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Blora, di pendopo rumah dinas Bupati Blora. Rabu, 7 Agustus 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Pengukuhan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP di Blora, yang berlangsung di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Rabu, 7 Agustus 2024, dihadiri Bupati Blora, prosesi pengukuhan MKKS SMP Kabupaten Blora periode 2024-2027 dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora H. Arief Rohman mengungkapkan bahwa kepala sekolah sebagai ‘leader’ sekaligus agen pembelajaran, harus memiliki sejumlah kompetensi, Keberadaan kepala sekolah memiliki peran vital dalam menentukan maju atau tidaknya suatu institusi sekolah.

Dikemukakan, MKKS SMP di Kabupaten Blora diharapkan bisa menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan kompetensi dari para kepala sekolah tersebut.

“Harapan kami MKKS bisa menjadi wadah yang mampu memfasilitasi anggotanya guna meningkatkan kompetensi sebagai seorang kepala sekolah, baik kompetensi manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian, maupun kompetensi sosial,” jelas Bupati Blora.

Kepala sekolah sebagai ‘leader’, lanjut Bupati Blora, memegang peran penting dalam memimpin sekolahnya. Diharapkan kepala sekolah mampu berkoordinasi, serta mampu mengkomunikasikan kebijakan, hingga menjalin hubungan yang baik, internal maupun eksternal.

“Kalau kepala sekolah ini sebagai ‘leader’ dalam memimpin sekolahnya, ini harus bisa melakukan inovasi, dan juga melakukan langka-langkah yang bisa diterima, baik itu komite, wali murid, siswa, saya kira sekolahnya akan bisa menjadi sekolah yang maju,” ucap Bupati Blora.

Lebih lanjut, Bupati Blora mengatakan bahwa pembangunan SDM adalah hal penting. Lanjutnya, karena maju tidaknya sebuah daerah ini salah satunya ditentukan oleh kualitas SDM-nya, sehingga pembangunan SDM menjadi program prioritas dari Pemerintah Kabupaten Blora.

Sukseskan Program SSN

Termasuk, Pemkab Blora juga akan terus berupaya untuk menyediakan sarana dan prasarana infrastruktur pendidikan yang baik.

“Terkait sarana dan prasarana, infrastruktur, bagaimana standarisasi ini agar bisa tercapai, dukungan pada hal tersebut Insya Allah ke depan akan terus kita lakukan,” ujar Bupati Blora.

Kepada kepengurusan MKKS yang baru saja dikukuhkan, Bupati Blora menitipkan pesan kepada mereka untuk ikut serta dalam membantu pemerintah mengatasi berbagai persoalan seperti halnya anak tidak sekolah (ATS).

Hingga ikut serta menyukseskan program Sekolah Sisan Ngaji (SSN) dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang berkarakter, sekaligus menjadi investasi sumber daya manusia di masa depan.

Bupati Blora menyampaikan ucapan selamat kepada kepengurusan yang baru dikukuhkan, sekaligus terima kasih kepada kepengurusan MKKS SMP yang lama.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Blora kami mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus MKKS SMP yang baru saja dikukuhkan, teriring doa dan harapan agar kepengurusan baru ini dapat semakin menguatkan peran MKKS sebagai wadah yang mampu menjadi wadah untuk berkumpul, wadah untuk memfasilitssi anggotanya guna meningkatkan kompetensi kepala sekolah, kami mengucapkan terima kasih kepada pengurus MKKS yang lama yang sudah memberikan pengabdiannya,” tandas Bupati Blora.

Untuk diketahui, MKKS SMP Kabupaten Blora periode 2024-2027, Ketua MKKS SMP Tri Handayani, S.Pd, M.Pd., dari SMPN 2 Blora, kemudian Nur Yahya, S.Ag., M.Pd.I., dari SMPN 1 Randublatung sebagai wakil ketua MKKS SMP.

Selanjutnya Puryanto, S.Pd., MM., dari SMPN 1 Bogorejo sebagai sekretaris MKKS SMP, kemudian Suyitno, S.Pd.,M.Pd., dari SMPN 3 Cepu.

Kudnadi Saputro