PT Nestlé Indonesia memberikan kenang-kenangan kepada Pj Bupati Batang Dra Lani Dwi Rejeki (kedua dari kanan), usai pelatihan program kerja Gemilang. Foto: dok/nestle

BATANG (SUARABARU.ID)– Pejabat (Pj) Bupati Batang, Dra Lani Dwi Rejeki mengaku bersyukur, dengan hadirnya program pelatihan kerja Generasi Muda Kompeten Industri Cemerlang (Gemilang), di wilayah kerjanya.

Program ini memang ditujukan untuk muda-mudi warga lokal, guna mendapatkan bimbingan ilmu maupun kesempatan praktik dari PT Nestlé Indonesia. Hal ini juga menjadi komitmen PT Nestlé Indonesia, untuk mendukung pembangunan masyarakat yang sukses dan tangguh.

Sebanyak 17 peserta mengikuti pelatihan yang berlangsung selama sembilan bulan, yang sudah dimulai sejak Agustus 2023, hingga Juni 2024. Program ini diharapkan mampu mencetak tenaga kerja yang dapat mendukung operasional pabrik, dan pada saat yang bersamaan, bisa memberdayakan talenta lokal.

BACA JUGA: Pernikahan Dini Semakin Marak, Ini yang Dilakukan Tim KKN Unisnu Jepara

”Ini juga sebagai pilot project, yang dikembangkan Pemkab Batang bersama PT Nestlé Indonesia. Program Gemilang diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja baru yang terampil dan berkualitas. Hal ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Indonesia, dalam mempersiapkan para pemuda lokal untuk masa depan menuju Indonesia Emas 2045,” kata Bupati Lani dalam keterangannya, Kamis (8/8/2024).

Sementara itu, Direktur HR Nestlé Indonesia, Fahrul Irvanto menyatakan, selama lebih dari 50 tahun, PT Nestlé Indonesia telah berkomitmen dalam menciptakan manfaat bersama bagi individu, keluarga, masyarakat, dan bumi.

Pada area pemberdayaan masyarakat, PT Nestlé Indonesia senantiasa berupaya mempromosikan keragaman dan pekerjaan yang layak untuk talenta lokal, termasuk masyarakat di sekitar area operasional.

BACA JUGA: Antisipasi El Nino, Menggelar Rakor Perluasan Areal Tanam

”Di Nestlé, kami percaya kolaborasi multisektoral antara pemangku kepentingan sangat penting, untuk memupuk nilai-nilai baik. Untuk itu, apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, dalam mewujudkan program ini,” ungkap Fahrul.

Seperti diketahui, peserta program Gemilang ini merupakan lulusan SMK yang berada di Kabupaten Batang. Program pelatihan diawali dengan tiga bulan di Balai Latihan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang, dan Politeknik Negeri Semarang.

Kemudian dilanjutkan On The Job Training (OJT) di PT Nestlé Indonesia Pabrik Bandaraya, selama enam bulan. Setelah melalui proses penilaian, seluruh peserta dinyatakan lulus program pelatihan Gemilang.

Pemberian sertifikat kelulusan kepada para peserta program dilakukan pada 19 Juni 2024, oleh Pj Bupati Batang Dra Lani Dwi Rejeki, disaksikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Batang Rahmad Nurulfadilah, Direktur HR Nestlé Indonesia Fahrul Irvanto, Factory Manager Bandaraya Iwan Utama, dan HRBP Technical Imas Yuniastari.

Riyan