blank
Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Satya Graha (tengah pegang mike), didampingi empat komisioner KPU Kabupaten Wonogiri memberikan penjelasan tentang Pemilu.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, menargetkan peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang. Salah satu kiatnya, dengan melakukan pendekatan budaya.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Satya Graha, Senin (5/8/24), menyatakan, tujuannya agar jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya dapat meningkat. Hal ini penting dalam upaya mensukseskan Pemilihan Bupati (Pilbup) Wonogiri dan Pemiihan Gubernur (Pilgub) Jateng Tahun 2024.

Berkaitan itu, sosialisasi dengan pendekatan sosial budaya akan dilakukan KPU Kabupaten Wonogiri, yakni menjalin kerja sama dengan KPU Provinsi Jawa Tengah. Rencananya, akan mengadakan Pagelaran Seni Budaya dan Konser Musik pada Hari Sabtu Tanggal 24 Agustus 2024 mendatang.

Lokasinya di Lapangan Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Menghadirkan Grup Band Kotak, Ngatmombilung, serta grup band lokal Wonogiri OM PNS. Pagelaran seni tersebut, akan diawali dengan sajian tarian-tarian, seperti Tari Kethek Ogleng, Jathilan dan Reog, yang akan ditampilkan sore hari. Yaitu sebelum berlangsungnya acara inti di malam harinya. Dalam event ini, KPU Wonogiri akan membagikan doorprize kepada masyarakat.

Sabtu malam (3/8/24) lalu, KPU Kabupaten Wonogiri menjalin kerja sama dengan Panitia Giriwoyo Night Show, menggelar sosialisasi pelaksanaan Pilkada Serentak. Kegiatan ini digelar di Bunderan Giriwoyo, dengan menghadirkan grup campursari Gareng Tralala. Disamping untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, event Giriwoyo Night Show dijadikan wahana sosialisasi. Juga memberikan edukasi kepada calon pemilih, agar partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pilgub dan Pilbup Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang dapat meningkat .

Melalui pendekatan budaya ini, KPU Kabupaten Wonogiri berharap, tingkat partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2024 dapat meningkat. Masyarakat dipersilahkan mengecek apakah namanya sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Itu dapat dicermati pada lembar Daftar Pemilih Tetap (DPT) online. ”Jangan lupa datang ke TPS pada Hari Rabu Tanggal 27 November 2024 untuk menggunakan hak pilihnya,” tegas Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha.(Bambang Pur)