Kepala Divisi Keimigrasian, Is Edy Eko Putranto meninjau layanan paspor simpatik di Gedung Weeskamer Kota Lama Semarang (3/8/2024). Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah bersama Kantor Imigrasi (Kanim) se-Jawa Tengah membuka kuota paspor untuk 300 pemohon melalui layanan Paspor Simpatik.

Kegiatan layanan Paspor Simpatik yang berlangsung di Gedung Weeskamer Kota Lama Semarang ini merupakan komitmen Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dalam memberikan kemudahan dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto melalui Kepala Divisi Keimigrasian, Is Edy Eko Putranto menyampaikan, kegiatan layanan Paspor Simpatik hari ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB, yang merupakan salah satu rangkaian menyambut Hari Pengayoman ke-79 tahun 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Guntur Sahat Hamonangan (kanan) mendampingi Kadivmin usai pembukaan layanan paspor simpatik (3/8/2024). Foto: Ning S

“Jika pendaftaran reguler (biasa) masyarakat diharuskan mendaftar melalui M-Paspor, melalui program ini masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri melalui google form yang sebelumnya sudah disebarkan, dan otomatis masuk ke dalam kuota permohonan,” ungkap Is Edy kepada awak media di Gedung Weeskamer Kota Lama Semarang, Sabtu (3/8/2024).

Is Edy menyebut, layanan ini ditujukan untuk masyarakat yang mau mengajukan permohonan paspor baru maupun penggantian paspor yang habis masa berlakunya, halaman penuh, dan penggantian ke paspor elektronik.

“Program ini merupakan wujud komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami hadir untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, dan sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik Keimigrasian,” kata Is Edy.

Menurutnya, program Paspor Simpatik seperti ini juga bakal digelar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah, sehingga masyarakat secara luas bisa merasakan pelayanan tersebut.