Kepala Dinas Dikpora Kab Jepara Ali Hidayat bersama peserta pertemuan, Rabu 31 Juli 2024. Foto: Wuri

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bertempat di Aula Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2024 telah dilaksanakan  Forum Pemangku Kepentingan (FPK) Program Sekolah Penggerak (PSP).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan  (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah ini dilaksanakan dalam upaya untuk mendukung PSP. Peserta FPK sebanyak 40 (empat puluh) guru dan tenaga kependidikan yang hadir dari unsur Cabang Dinas Wilayah II, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Pengawas, Kepala Sekolah, dan perwakilan guru Sekolah Penggerak Angkatan 3 di Kabupaten Jepara, serta perwakilan BBPGP Jawa Tengah, BKD, Bappeda, Dewan Pendidikan Jepara, dan  mitra pembangunan yaitu Bank Jateng Cabang Jepara.

Kegiatan dibuka oleh Ali Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara

Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan upaya untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan guna meningkatkan capaian hasil belajar siswa secara holistik dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Di Jepara sendiri saat ini terdapat  14 (empat belas ) sekolah penggerak mulai jenjang TK sampai dengan SMA yaitu: TK TA Wedelan 01, TK Tarbiyatul Athfal Krapyak, SDN 1 Tubanan, SDN 1 Pendem, SDN 6 Blingoh, SDIT Sultan Agung, SDN 2 Dorang, SDN 1 Bategede, SDN 1 Blimbingrejo, SMPN 1 Jepara, SMPN 1 Kedung, SMPN 3 Batealit, SMPN 5 Jepara, dan SMAN 1 Mayong.

Apresiasi untuk peserta

Kegiatan dibuka oleh Ali Hidayat,  Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. Dalam sambutannya ia  berharap hasil forum ini dapat merefleksikan capaian kemajuan pendidikan melalui program Sekolah Penggerak khususnya di Kabupaten Jepara.

Sementara itu, Melati dari BBPMP selaku wali wilayah Jepara dalam kesempatan yang sama menyampaikan, kegiatan tersebut berjalan  atas kerja sama dan koordinasi yang baik antar seluruh pemangku kepentingan di Jepara. Harapannya dari forum ini para pemangku kepentingan mampu merefleksikan capaian kemajuan pendidikan, memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Ali Hidayat tandatangani komitmen bersama. Foto: Wuri

Dalam kesempatan itu juga, Ali Hidayat di dampingi Plt Sekretaris Dinas Yenny Diah Sulistiyani memimpin pengucapan pernyataan komitmen bersama dalam melaksanakan program sekolah penggerak yang berbunyi “Kami dari Kabupaten Jepara Berkomitmen, melaksanakan program sekolah penggerak untuk meningkatkan mutu pendidikan, salam merdeka belajar” yang ditirukan oleh seluruh peserta kegiatan. Pernyataan komitmen dilanjutkan dengan penandatanganan untuk membangun komitmen bersama meningkatkan mutu pendidikan.

Pada pelaksanaannya, seluruh peserta FPK  mengikuti rangkaian acara yang berlangsung selama satu hari, terdiri atas refleksi dan paparan praktik baik dari perwakilan guru  serta penandatanganan dan pembuatan video komitmen bersama dalam mendukung Program Sekolah Penggerak. Kemudian di penghujung kegiatan, peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendapatkan wawasan dari fasilitator Sukmandari mengenai strategi penerapan PSP, dan dilanjutkan diskusi berkaitan dengan berbagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan di masing-masing satuan pendidikan.

Kesuksesan implementasi Program Sekolah Penggerak adalah wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Jepara dan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan. Sebagaimana yel-yel PSP Jepara, “Tergerak, Bergerak, Menggerakkan. Sukses Belajar, Satu Hati, Meraih Prestasi”. Yes!

Hadepe – Wuri