Kunjungan di Rutan Pekalongan, Kakanwil Kemenkumham Jateng pantau pelayanan WBP. Foto: Humas

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (Bintorwasdal) ke Unit Pelaksana Teknis di Kota Pekalongan, Kamis (1/8/2024).

Destinasi pertama yang dikunjungi pria 58 tahun ini adalah Rutan Kelas IIA Pekalongan. Di UPT pimpinan Sastra Irawan tersebut, Kakanwil menyoroti ruang kunjungan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). “Ruang besukannya dimana ya?,” tanya Tejo.

Diketahui, Rutan Pekalongan belum memiliki ruang kunjungan yang permanen. Kakanwil berharap layanan besukan tetap harus prima.

“Nggak apa-apa di sini, yang penting bersih dan pelayanan tetap berkualitas. Kedepankan hospitality, salam, sapa senyum,” pesan Tejo.

Selanjutnya Kakanwil fokus pada pengolahan bahan makan, dan dapur menjadi lokasi observasi berikutnya.

Di Rutan Pekalongan, mantan Kepala Lapas Pasir Putih Nusakambangan itu juga melihat bagaimana proses pengolahan dan penyajian makanan bagi WBP.

Ia ingin melihat kesesuaian komposisi makanan yang disajikan dengan daftar menu makanan harian yang telah ditetapkan.

Ia berpesan agar makanan yang disediakan untuk WBP harus sesuai dengan menu yang telah disepakati, baik dari kualitas maupun kuantitas.

Kalaupun ada yang tidak dapat dipenuhi karena faktor ketersediaan, maka barang substitusinya kata Tejo, harus dengan kualitas yang sama.

Sesekali tampak Kakanwil berinteraksi dengan WBP yang diperbantukan untuk pengolahan bahan makanan.

Tejo menyampaikan terima kasih kepada WBP yang telah bersedia membantu petugas untuk menyajikan makanan yang sehat dan bergizi.

Kakanwil selanjutnya meninjau ruang hunian. Sama seperti sebelumnya, Kakanwil banyak memantau bagaimana ketersediaan fasilitas penunjang dan kebersihan ruang hunian, misalnya ketersediaan air bersih, tempat tidur dan lainnya.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Kakanwil didampingi Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi, Budi Yuliarno dan Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Basan dan Keamanan Jefri Purnama. Hadir juga Kepala Lapas Pekalongan Asih Widodo dan Kepala Lapas Tegal, Haryono.

Ning S