Prosesi upacara wisuda periode III tahun 2024 Universitas Kristen Satya Wacana (25/7/2024). Foto: UKSW

UKSW juga masuk dalam peringkat dunia dengan mendapatkan bintang 3 Quacquarelli Symonds (QS) Star Rating. Hal ini menjadi bukti nyata komitmen UKSW menuju World Class University (WCU). “Selain itu, saat ini UKSW telah meraih peringkat akreditasi institusi Unggul,” jelasnya.

Disampaikannya, UKSW berkomitmen menjaga pembangunan Indonesia berkelanjutan dan menjadi bagian dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya kerja sama antara UKSW dan Unhan RI dalam penelitian pengembangan gandum tropis. “UKSW saat ini sedang bekerja sama dengan Unhan RI dalam budidaya dan produksi gandum tropis,” imbuhnya.

Capaian prestasi dan kerja sama tersebut menandaskan komitmen UKSW untuk berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SGDs) ke-1 Tanpa Kemiskinan, ke-2 Tanpa Kelaparan, ke-3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, ke-4 Pendidikan Berkualitas, ke-8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta ke-17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Sementara itu, Pj Wali Kota Salatiga Yasip Kashani, S.IP., M.M., mengungkapkan bahwa para winisuda telah mewarnai dan menjaga Kota Salatiga sampai hari ini untuk menjadi Indonesia Mini sebagai salah satu kota tertoleransi di Indonesia. Ia berharap para lulusan tidak hanya menjadi pencari kerja yang bertalenta tetapi juga dapat menciptakan lapangan kerja yang kreatif.

“Banyak tokoh penting yang lahir dari UKSW. Jadikan tokoh tersebut sebagai inspiratif dan ingatlah untuk selalu menjadi pribadi yang berdampak,” katanya.

Selain itu, Yasip Kashani, S.IP., M.M., juga mengapresiasi positif komitmen UKSW dalam pembangunan berkelanjutan tersebut. “Kerja sama UKSW dengan UNHAN RI ini merupakan langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan Indonesia. Harapannya para winisuda juga bisa bersama-sama mewujudkan hal tersebut,” ungkapnya.

Kesan mendalam

Perjalanan menempuh studi di UKSW rupanya meninggalkan kesan mendalam bagi para lulusan. Mewakili 694 winisuda Karina Praadhi Prambudyaningtyas, S.E., dari Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang mendukung masa studinya di UKSW.

“Saya sadar kita dapat menikmati masa perkuliahan penuh warna di kampus ini karena dukungan berbagai pihak. Terima kasih kepada orang tua, dosen, teman-teman, dan UKSW yang sudah memberikan fasilitas serta pelayanan terbaik bagi kami,” ungkapnya.