Sejumlah dosen FH USM kompak mengenakan busana kebaya, untuk memeriahkan peringatan Hari Kebaya Nasional, yang dirayakan pada Rabu (24/7/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Para Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM), kompak mengenakan busana kebaya, selama menjalankan aktivitasnya di kampus. Hal itu dilakukan untuk memeriahkan peringatan Hari Kebaya Nasional, yang dirayakan pada Rabu (24/7/2024).

Dekan Fakultas Hukum USM, Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum mengatakan, selain untuk memperingati Hari Kebaya Nasional, juga untuk melestarikan budaya Indonesia.

”Kegiatan ini sekaligus mengingkatkan kembali pada generasi muda, bahwa kebaya adalah ciri khas bangsa Indonesia, yang sampai saat ini menjadi pakaian resmi Nasional. Selain itu, Fakultas Hukum USM ini juga sudah terakreditas Unggul, sehingga sesuatu yang ada di Fakultas Hukum USM harus berciri khas Unggul,” katanya.

BACA JUGA: Prodi Ilmu Komunikasi USM Gelar Comsos 2024

Hal senada disampaikan Ketua Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) FH USM, Dr Tri Mulyani SPd SH MH. Menurutnya, kebaya menjadi identitas perempuan Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

”Kebaya merupakan identitas perempuan Indonesia, yang tidak dimiliki negara lain. Sehingga harus kita jaga dan lestarikan,” ungkap Tri.

Tak hanya itu, para Dosen FH USM juga turut mengabadikan momen kekompakannya, dengan berswafoto di beberapa spot foto, dalam lingkungan kampus. Seperti di Taman USM hingga di Kolam Renang Lantai 10 Gedung Menara USM.

Riyan