blank
Secangkir kopi hitam. Foto: Ning S

5. Membantu menurunkan berat badan
Manfaat kopi lainnya untuk kesehatan adalah mampu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena kandungan kafein di dalamnya. Kandungan tersebut bisa meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Alhasil, penurunan berat badan bisa terjadi lebih cepat sehingga akan membantu diet.

6. Meningkatkan energi
Manfaat kopi yang cukup terkenal dalam masyarakat adalah kemampuannya untuk meningkatkan energi. Hal ini karena kopi hitam mengandung kafein yang merupakan stimulan sistem saraf pusat yang mampu melawan kelelahan dan meningkatkan energi.

7. Menjaga kesehatan hati
Kopi hitam bisa menjaga kesehatan hati dan melindunginya dari berbagai gangguan penyakit. Penelitian dalam World Journal of Hepatology mengatakan, bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko yang rendah mengalami kematian akibat gangguan hati.

Mengonsumsi satu cangkir kopi terkait dengan risiko 15 persen lebih rendah, sementara mengonsumsi empat cangkir kopi terkait dengan 71 persen lebih rendah mengalami gangguan hati.

8. Menjaga kesehatan jantung
Mengonsumsi kopi juga terkait dengan menurunkan risiko gangguan jantung. Penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengatakan bahwa orang yang kerap mengonsumsi kopi hitam sebanyak tiga hingga lima kali mengalami penurunan risiko gangguan jantung sebesar 15 persen.

9. Menurunkan risiko kematian
Manfaat kopi yang tidak ternilai adalah kemampuannya untuk meningkatkan kualitas hidup. Seseorang yang mengonsumsi kopi mampu hidup lebih panjang daripada orang yang tidak menyukai kopi.

Hal ini terdapat dalam penelitian pada European Journal of Epidemiology yang mengulas berbagai penelitian dan menyimpulkan sebuah fakta. Hasilnya, minum kopi dua hingga empat cangkir dapat menurunkan risiko kematian akibat usia maupun berat badan.

10. Mengontrol gejala parkinson
Mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko parkinson. Bahkan, mengonsumsi kopi hitam dapat membantu pengidap parkinson untuk mengontrol penyakitnya.

11. Mencegah peradangan pada tubuh
Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kondisi ini dapat memicu kerusakan pada sel dan jaringan tubuh yang memicu peradangan.

Nah itu tadi beragam manfaat kopi bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui! Selamat menikmati secangkir kopi, dan rasakan manfaatnya…!

Ning S