Pertemuan rutin Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Jiken, di Kantor Kecamatan Jiken. Selaaa, 29 Juli 2024.  Foto: Kudnadi Saputro Blora
BLORA (SUARABARU.ID) —  Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Jiken melaksanakan Pertemuan rutin dan sekaligus  penyerahan santunan anak yatim, di Kantor Kecamatan Jiken. Selaaa, (29/7/2024).
Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Jiken H. Setia Utama menyampaikan bahwa pertemuan rutin IPHI kali ini sekaligus menerima kedatangan jamaah haji tahun ini dari wilayah Kecamatan Jiken.
“Selamat datang Sugeng rawuh, di kediamannya masing – masing, Semoga menjadi haji Mabrur,” ujar H. Setia Utama.
Lebih lanjut, H. Setia Utama mengatakan pada kesempatan tersebut, Bupati Blora, Forkopimcam Jiken, beserta Anggota IPHI Jiken menyerahkan santunan kepada 65 anak yatim yang ada di wilayah Jiken.
“Selain diberikan santunan berupa uang tunai, para anak-anak juga menerima bingkisan,” kata Ketua IPHI Jiken.
Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman berharap IPHI Kecamatan Jiken dapat ikut serta membantu  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dalam mengurangi kasus Anak Tidak Sekolah (ATS), di wilayah Kecamatan Jiken.
“Caranya, lanjut Bupati Blora, IPHI Jiken diminta untuk ikut memantau dan mengawal pendidikan anak-anak yatim maupun kurang mampu dari segi ekonomi yang ada di wilayahnya. Untuk kemudian disinergikan dengan Pemkab Blora maupun instansi terkait,” ujar Bupati Blora.
Untuk Umat dan Masyarakat
“Termasuk pagi hari ini kita mengumpulkan anak-anak yatim semoga nanti IPHI bisa berperan, kira-kira di Jiken ada berapa anak, mungkin bisa punya datanya, sekolah dimana, ini harus mengawal ini nanti bisa disinergikan dengan Baznas dan Pemkab Blora sehingga program pendidikan di Blora ini bisa kita sukseskan,” tandas Bupati Blora saat memberi sambutan.
Menurut Bupati Blora, angka kasus ATS di Kabupaten Blora masih cukup banyak. Sehingga dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk menangani hal tersebut. Termasuk, lanjut Bupati Blora, juga ingin agar nantinya IPHI bisa berinovasi dalam berbagai bidang.
“Sinergi IPHI dengan yang lainya, nanti bisa berinovasi diberbagai bidang seperti pertanian, pendidikan, atau bidang lain yang sekiranya bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Bupati Blora.
Seperti dibeberapa daerah lainnya, kata Bupati Blora, IPHI bisa merambah di bidang kesehatan, merambah ke bidang lain. Untuk Blora kedepan diharapkan IPHI bisa bergerak di bidang-bidang lain.
“Saya harap kehadiran IPHI di Jiken ini bisa memberikan kemanfaatan kemaslahatan selain untuk anggotanya juga untuk umat dan masyarakat,” imbuh Bupati Blora.
Kudnadi Saputro