Tentara dan petugas puskesmas Tunjungan lakukan Fogging, di dukuh Karang Kembang, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Senin,  (22/7/2024). Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Dinas Kesehatan dan UPTD Puskesmas Tunjungan bersama Babinsa Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora Sertu Suroto, melaksanakan kegiatan fogging (pengasapan) untuk membasmi nyamuk, di wilayah dukuh Karang Kembang, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora Jawa Tengah, Senin,  (22/7/2024).

Petugas UPTD Puskesmas Tunjungan menyampaikan bahwa dengan dilakukannya pengasapan tersebut diharapkan dapat membasmi sarang nyamuk,  sehingga dapat terhindar dari ancaman nyamuk yang dapat menyebabkan  penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah binaan.

Pada kesempatan itu, Babinsa Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora, Sertu Suroto  mengatakan bahwa kegiatan fogging ini dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyebaran penyakit demam berdarah.

“Di samping mendampingi penyemprotan fogging, kami juga melakukan himbauan agar warga peduli terhadap lingkungan,” ujar Sertu Suroto.

“Selain melakukan Fogging Kami juga menghimbau kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dengan langkah 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang barang yang tidak diperlukan,”  ucap Sertu Suroto.

Diimbau kepada warga masyarakat, agar melakukan efisiensi penggunaan air karena adanya potensi kekeringan dalam periode musim kemarau, bisa mengantisipasi terhadap kegiatan-kegiatan lainnya yang berkaitan dengan penggunaan air.

Masyarakat juga diminta mengantisipasi terjadinya kebakaran pemukiman dengan mengurangi penggunaan bahan-bahan yang mudah memercikan api di kawasan kebun rumah atau pada lahan yang mudah terbakar.

Selainitu, juga antisipasi terhadap perkembangan nyamuk demam berdarah seiring dengan perubahan kondisi cuaca dari peralihan musim hujan ke musim kemarau.

Kudnadi Saputro