251 siswa baru SMK Maarif 5 Gombong, Kebumen, mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Senin 15/7.(Foto:SB/Hms SMK Maarif 5 Gombong)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – SMK Maarif 5  Gombong menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Raya selama beberapa hari, Senin –Rabu (15-18/7).

MPLS dan Makestas merupakan acara yang penting bagi peserta didik baru SMK Maarif 5 Gombong. Kegiatan ini ditujukan membantu peserta didik baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah, sekaligus memperkenalkan mereka pada organisasi Ikatan Pelajara Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) sebagai organisasi keterpelajaran utama di lingkungan sekolah Maarif Nahdlatul Ulama.

MPLS dimulai Senin-Rabu (15-17/07). Selanjutnya pada Kamis (18/07) langsung dilaksanakan Makesta Raya Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU SMK Maarif 5 Gombong.

Kegiatan MPLS dan Makesta Raya tersebut mengusung tema “Ekplorasi Kreativitas: Asah Potensi, Raih Prestasi”. Acara dibuka oleh Kepala SMK Maarif 5 Gombong Mukhammad Ma’muri MPd sekaligus menyematkan peserta MPLS dan Makesta Raya pada rangkaian upacara bendera.

Selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, siswa SMK Maarif 5 Gombong mengikuti kegiatan Pramuka.(Foto:SB/Hms SMK Maarif 5 Gombong)

Mukhammad Ma’muri menyampaikan pentingnya peserta didik mengikuti kegiatan MPLS dan Makesta Raya.”Semoga hari ini menjadi landasan yang kuat untuk para siswa baru mengasah potensi, mengukir prestasi, menemukan jati diri bersama-sama di kawah candradimuka SMK Maarif 5 Gombong ini dan mendapatkan ridlo Allah SWT,”ujar Ma’muri.

Ma’muri juga menyampaikan bahwa tamatan SMK kelak harus siap untuk bekerja, melanjutkan atau pun berwiraswasta (BMW).

MPLS sekaligus Makesta diikuti sebanyak 251 peserta didik baru SMK Maarif Gombong. Kegiatan tersebut dimanfaatkan secara maksimal untuk memantapkan pengetahuan peserta didik baru tentang pendidikan vokasi, mengenai ke-NU-an serta nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah.

Selain itu, kegiatan kreatif yang mengajak peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua.

Berbagai kegiatan diadakan untuk memperkenalkan siswa dengan semua aspek kehidupan sekolah. Ada  tur sekolah, sesi pengenalan dengan guru dan staf, serta kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan siswa pada program akademik dan ekstrakurikuler yang tersedia.

MPLS juga menekankan pentingnya perilaku positif seperti kejujuran, kemandirian, dan kedisiplinan, sebagai nilai-nilai positif yang diharapkan dimiliki setiap peserta didik.  Sekolah juga melibatkan siswa dalam kompetisi ringan untuk memotivasi mereka dan menunjukkan bahwa prestasi diakui dan dihargai.

Selesai menjalankan kegiatan MPLS, peserta didik mengikuti Makesta Raya sebagai bagian dari rangkaian MPLS. Makesta Raya merupakan kaderisasi awal IPNU-IPPNU bertujuan mencetak kader yang cakap, religius, dan memiliki nasionalisme tinggi.

Peserta didik diajak mengikuti berbagai kegiatan kaderisasi. Meliputi pengenalan organisasi, kegiatan keagamaan, dan kegiatan keterpelajaran yang diinstrukturi langsung oleh Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Kabupaten Kebumen.

SMK Maarif 5 Gombong bekerja sama dengan PMI Kabupaten Kebumen, Polsek Gombong, TNI, PC IPNU-IPPNUKabupaten Kebumen untuk menyampaikan materi  sikap dan perilaku remaja saat ini.

Materi kegiatan meliputi bahaya narkoba dan pergaulan bebas, tertib lalu-lintas serta, radikalisme dan informasi seputar industri dunia kerja sesuai dengan program studi (prodi) yang dipilih peserta didik.

Komper Wardopo