Ratusan anggota baru PSHT Cabang Kebumen di Aula SMK Maarif 9, Rabu 17/7.(Foto:SB/PSHT Kebumen)

KEBUMEN SUARABARU.ID) – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kebumen Tahun ini, secara resmi mengesahkan 228 pendekar warga baru.

Para pendekar yang disahkan sebelumnya telah menjalani serangkaian latihan dan ujian dari prapolos hingga sabuk putih.

Prosesi pengesahan di Aula SMK Maarif 9 Kebumen, Kecamatan Klirong,  Rabu (17/7) 2024, malam. Hadir Anggota Dewan Pusat PSHT Madiun Junaedi Suprayitno, Ketua PSHT Cabang Kebumen Pusat Madiun Agus Eko Purwono beserta pengurus dan ribuan warga PSHT se Kebumen

Agus Eko Purwono menjelaskan, Pengesahan yang sebelumnya akan diikuti 223 siswa, namun kini menjadi 228 peserta. Ada tambahan 7 pendekar baru dari Kabupaten Wonosobo dan Sleman. Jumlah tersebut terdiri atas 152 putra dan 77 putri.

‘’Jadi total yang pengikuti pengesahan dari Kebumen ada 222 peserta. Dari Kabupaten Wonosobo dan Sleman 7 calon warga baru,’’jelasnya disela persiapan pengusahan.

Agus menegaskan, pengesahan ini merupakan puncak dari proses panjang yang telah dilalui para calon warga. Dengan pengesahan warga baru, PSHT Cabang Kebumen terus berkomitmen untuk melanjutkan tradisi dan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh pendahulunya.

“Proses pengesahan ini adalah bentuk pengakuan atas kerja keras dan dedikasi para calon warga yang telah menjalani latihan dan ujian dengan penuh semangat,”ujarnya.

Agus menambahkan, PSHT tidak hanya fokus pada pengembangan kemampuan bela diri, namun ak juga menekankan pentingnya pembinaan karakter dan moral. PSHT merupakan organisasi bela diri yang berdiri sejak 1922 di Madiun, Jawa Timur. Organisasi ini memiliki tujuan membina anggotanya menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur, kuat, dan mandiri.

“Kami berharap para warga baru ini bisa menjadi contoh yang baik di masyarakat. Tidak hanya dalam hal bela diri, tetapi juga dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Jaga nama baik, marwah Ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate. Kembangkan SH Terate di manapun berada, dan tingkatkan prestasi Pencak Silat,’’pesannya.

Menurut data Pengurus PSHT Cabang Kebumen menyebutkan, sejak tahun 2006 hingga kini PSHT Cabang Kebumen  telah mengesahkan sedikitnya 2.500 orang anggota.

Komper Wardopo