ilustrasi buah jeruk yang kaya akan vitamn C. Foto:Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jeruk adalah buah dari spesies citrus dalam famili Rutaceae. Istilah ‘jeruk’ umumnya mengacu pada Citrus × sinensis yang juga disebut jeruk manis dan Citrus aurantium yang disebut jeruk pahit.

Buah jeruk dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Padahal, selain vitamin C, buah ini juga mengandung beragam gizi lain, seperti vitamin A, karbohidrat, serat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, serta kolin.

Vitamin C merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan anak-anak, karena membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih, yang melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, buah jeruk bisa dikonsumsi langsung, dibuat minuman seperti jus, ataupun menjadi bahan campuran beberapa makanan seperti puding, salad dan kue. Jenis buah jeruk sendiri bermacam-macam. Ada jenis jeruk Pontianak, jeruk Medan, jeruk Bali, dan jeruk nipis. Sementara untuk jenis jeruk impor antara lain jeruk Mandarin, jeruk Ponkam, jeruk Sunkist dan jeruk lemon.

Meskipun buah jeruk ini dominan asam, namun saat membeli buah jeruk. kita pasti menginginkan rasa yang cenderung manis atau segar. Dikutip dari berbagai sumber, inilah cara memilih jeruk yang manis.

1. Pilih jeruk yang memiliki kulit mengkilap

Pada saat membeli di pasar atau di mana saja, pilihlah buah jeruk yang memiliki kulit mengkilap. Karena hal ini menandakan bahwa buah jeruk tersebut punya kualitas yang bagus dan dalam keadaan masih segar.

Selain itu, untuk rasa sudah pasti manis, karena buah jeruk tersebut sudah benar-benar matang. Buah yang matang dari pohonnya memang memiliki cita rasa manis yang lebih enak dan segar.

2. Tekan pada bagian kulit jeruk

Buah jeruk memang ada yang memiliki tekstur kulit tebal ataupun tipis, tergantung pada jenis buah jeruknya. Hal yang membedakannya adalah kandungan air pada buah jeruk tersebut.

Kulit buah jeruk yang tebal lebih sedikit kandungan airnya. Sedangkan yang tipis cenderung lebih banyak. Jeruk dengan tekstur kulit yang tipis ini cenderung mempunyai citarasa manis.

3. Perhatikan bagian bawah dan permukaan kulit jeruk

Saat membeli buah jeruk, jangan lupa periksa bagian bawahnya. Kulit jeruk yang bagian bawahnya cekung atau lumpang, biasanya memilki citarasa manis karena kandungan air yang banyak.

Selain itu, buah jeruk yang sudah matang dan rasanya manis memiliki tekstur kulit yang halus dan mulus. Sementara itu buah jeruk yang mempunyai permukaan kasar ini biasanya cenderung mempunyai citarasa yang lebih asam.

itulah tadi cara memilih jeruk yang manis.

Claudia