Menkumham meninjau proyek Lapas baru di Nusakambangan (18/7/2024). Foto: Humas

NUSAKAMBANGAN (SUARABARU.ID) – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly hari ini, Kamis (18/7/2024) melakukan kunjungan di Pulau Nusakambangan.

Pada kesempatan ini Menkumham meninjau proyek pembangunan Lembaga Pemasyarakatan terbaru berstatus medium security.

Pada kesempatan tersebut Yasonna didampingi Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Supriyanto bersama Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Jumadi. “Ini on progres semuanya ya,” kata Yasonna saat memonitor pembangunan.

Yasonna berpesan agar pembangunan harus terus berproses sesuai rencana. Lapas yang akan diberi nama Lapas Kumbang tersebut saat ini sudah berprogres sekitar 24% dan nantinya akan berkapasitas sebanyak 496 orang. Pembangunannya sendiri direncanakan akan rampung pada tahun 2025.

Lapas dengan sistem keamanan medium ini juga membutuhkan assesment yang terperinci. Hal ini perlu dilakukan supaya kesiapan fasilitas kamar tahanan dan petugasnya benar-benar matang.

Diketahui, di dalam Pulau Nusakambangan yang berada di sebelah selatan Kabupaten Cilacap ini terdapat 11 Lapas. Kehadiran Lapas baru tersebut diharapkan dapat mengurangi kelebihan kapasitas di Lapas-Lapas sejenis, baik yang ada di Nusakambangan maupun daerah lain di seluruh Indonesia.

Ning S