ilustrasi. Foto: Dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Forum Wartawan Balai Kota (Forwakot) Semarang akan menggelar lomba baca puisi untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA dan Mahasiswa pada 26 dan 27 Juli 2024.

Lomba ini sendiri akan digelar di dua tempat, babak penyisihan pada Jumat 26 Juli 2024 di Ruang Loka Krida Lantai 8, Gedung Moch Ihsan, Balai Kota Semarang. Kemudian pada Sabtu 27 Juli 2024 akan digelar grand final yang menampilkan 10 besar di Hall Balai Kota Semarang.

Peserta yang mengikuti lomba tidak dipungut biaya, alias gratis. Untuk pendaftaran, silakan klik link https://forms.gle/qR3FnnRoJ8i1v8Ci8.

Ketua Panitia, Sigit Hermawan, menjelaskan, bahwa membaca puisi dapat menuangkan ungkapan isi hati, pengalaman, dan imajinasi pembaca. Dengan membaca puisi, pembaca dapat mengembangkan kemampuannya dalam berimajinasi.

“Mekanismenya nanti, peserta membawakan dua buah puisi yakni, puisi wajib dan puisi pilihan di depan dewan juri untuk dinilai,” ujarnya, Selasa 16 Juli 2024.

Dalam puisi dibutuhkan kemampuan olah vokal, mengimajinasikan bahasa kias, dan menampilkan ekspresi dan nilai estetika yang baik.

“Kegiatan tersebut sebagai sarana untuk membuktikan kemampuan para pelajar dalam bakatnya membaca puisi di depan audiens. Melalui lomba ini, diharapkan akan muncul pelajar berprestasi yang memiliki bakat dalam khasanah sastra Indonesia,” jelasnya.

Untuk hadiah, panitia menyediakan hadiah juara Rp 2.500.000, runner-up Rp 1.500.000, dan peringkat ketiga Rp 1.000.000. Sedangkan untuk tujuh nominasi terbaik mendapatkan transport masing-masing Rp 250.000.

Selain hadiah yang begitu besar, dewan juri yang dihadirkan juga sangat terkenal di bidangnya, antara lain Dr Stefanus Soekirno, mantan rektor Untag dan anggota DPRD Jateng  yang juga merupakan sastrawan kondang di Jawa Tengah.

Selain itu ada juga Heri CS, penggagas kampung sastra Medini dan juga jurnalis senior serta penulis sastra, serta Nia Nurdiansyah, seorang influencer dan konten kreator bidang pendidikan.

Forwakot membuka pendaftaran bagi siapa pun yang ingin ikut serta dengan menghubungi nomor panitia pendaftaran 082243757647 (Eka) dan 081390422656 (Musho).

Adapun untuk persyaratan lombanya sendiri yaitu peserta adalah Siswa SMA/SMK/MA dan Mahasiswa, daftar ulang, wajib hadir 30 menit sebelum acara dimulai, siap membacakan dua puisi dalam sekali tampil, puisi yang dibacakan adalah satu puisi wajib (dari panitia) dan satu puisi bebas, dan keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Hery Priyono