PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK Tanjung Jati B) meresmikan Sekretariat dan Rumah Edukasi Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Sido Maju II di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo,. Foto: Humas PLN

JEPARA (SUARABARU.ID)  – PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK Tanjung Jati B) meresmikan Sekretariat dan Rumah Edukasi Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Sido Maju II di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, pada Kamis, 6 Juni 2024. Peresmian ini menandai komitmen PLN UIK Tanjung Jati B dalam mendukung pengembangan budidaya bandeng dan pemberdayaan masyarakat pesisir melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kampung Bandeng.

Acara peresmian dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Dinas Perikanan Jepara, Cabang Dinas Kehutanan II Jawa Tengah, Pemerintah Desa Ujungwatu, dan anggota Pokdakan Sido Maju II.

Prasasti peresmian Sekretariat dan Rumah Edukasi Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Sido Maju II di Desa Ujungwatu. Foto: Humas PLN

Sekretariat dan Rumah Edukasi Pokdakan Sido Maju II yang baru dibangun ini memiliki luas 10×4 meter dan akan menjadi pusat kegiatan kelompok dalam mengelola budidaya bandeng. Fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Pokdakan Sido Maju II, serta memfasilitasi kegiatan pelatihan, diskusi, dan pertukaran informasi antar anggota.

General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza, menyatakan, “Kami berharap dengan adanya  asyarakat  dan rumah edukasi ini, Pokdakan Sido Maju II dapat lebih optimal dalam menjalankan kegiatan budidaya bandeng. Peningkatan kapasitas dan kualitas SDM, serta akses terhadap informasi dan teknologi, akan menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan produksi dan kualitas bandeng di Desa Ujungwatu.”

Peresmian dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Dinas Perikanan Jepara, Cabang Dinas Kehutanan II Jawa Tengah, Pemerintah Desa Ujungwatu, dan anggota Pokdakan Sido Maju II. Foto: Humas PLN

Program Kampung Bandeng merupakan bentuk nyata dukungan PLN UIK Tanjung Jati B terhadap pengembangan sektor perikanan di wilayah pesisir. Melalui program ini, PLN UIK Tanjung Jati B memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana, pelatihan, serta pendampingan kepada Pokdakan Sido Maju II. Melalui program Kampung Bandeng, ditargetkan setiap 3 hektar tambak akan mampu menghasilkan 1,5 ton ikan bandeng. Target ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan kualitas bandeng di Desa Ujungwatu, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota Pokdakan Sido Maju II.

Program Kampung Bandeng PLN UIK Tanjung Jati B sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Nomor 14, yaitu Ekosistem Lautan. Dengan memberdayakan  asyarakat pesisir melalui budidaya bandeng yang berkelanjutan, PLN UIK Tanjung Jati B turut berperan aktif dalam menjaga ekosistem laut dan mendukung kesejahteraan  masyarakat pesisir.

Hadepe