Kemenparekraf RI Sandiaga S Uno ketika melakukan kunjungan kerja di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga S Uno menyebut bahwa Wonosobo berpotensi menjadi kabupaten kreatif Unesco.

“Wonosobo merupakan lokasi kesembilan dari rangkaian program pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (Kata Kreatif) Indonesia 2024,” ujar dia saat melakukan kunjungan kerja di Wonosobo.

Dia sempat hadir di acara Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (Kata Kreatif) Indonesia berlangsung di Pendopo Bupati Wonosobo.

Sebanyak 150 peserta Workshop Kata Kreatif merupakan para pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kabupaten Wonosobo.

Sandiaga Uno mengatakan, workshop Kata Kreatif dihadirkan agar pelaku ekonomi kreatif di Wonosobo dapat memperkuat ekosistem bersama.

Kelas Dunia

Peserta workshop Kata Kreatif yang digelar Menparekraf RI di Pendopo Bupati Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

“Diharapkan, Wonosobo diangkat statusnya menjadi Kabupaten/Kota Kreatif kelas dunia melalui fasilitasi Unesco,” ujarnya.

Menurutnya, Wonosobo cukup potensial untuk dapat didorong menjadi kabupaten/kota kreatif mengingat banyaknya kekayaan yang dimiliki untuk dikembangkan.

“Terakhir Solo yang menjadi kota kreatif Unesco dan kami melihat ada peluang di Wonosobo karena di sini ada even-event pariwisata seperti festival balon udara, Dieng dan diperkuat dengan desa wisata,” tandasnya.

Dalam workshop tersebut Menparekraf RI Sandiaga Uno juga menekankan kepada pelaku ekonomi kreatif sekarang untuk memanfaatkan teknologi yang ada agar dapat terus pengembangan usahanya.

Usai kegiatan Workshop, Menparekraf RI berlanjut mengunjungi Desa Wisata Patak Banteng bersama Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar bersama jajaran Forkompimda setempat.

Muharno Zarka