Kapten Electric PLN, Yolla Yuliana, saat memberikan keterangannya kepada sejumlah awak media di sesi konferensi pers. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Voli Putri Jakarta Electric PLN dan tim putra LavAni Allobank Electric, menjadi dua tim pertama yang memastikan lolos ke Grand Final PLN Mobile Proliga 2024. Kedua tim itu mampu mengalahkan lawan-lawannya dengan skor identik 3-0, pada laga hari kedua putaran Final Four Seri II, yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, Jumat (12/7/2024).

Di pertandingan pertama, Jakarta Electric PLN secara mengejutkan mengalahkan Jakarta BIN 3-0 (25-17, 25-22, 25-21). Sedangkan LavAni menghentikan perlawanan Jakarta Bhayangkara Presisi dengan skor 3-0 (25-23, 25-22, 25-16).

Bagi Jakarta Electric PLN, kemenangan ini merupakan yang keempat kalinya pada babak empat besar, yang berlangsung dari pekan lalu di Surabaya. Dua kemenangan di Surabaya dan satu kemenangan lainnya diraih di Semarang ini.

BACA JUGA: Hevearita Orang Tua Asuh Anak Tunanetra yang Tertolak PPDB SMA Semarang

Dengan sudah mengoleksi empat kemenangan, Yolla Yuluana dkk dipastikan lolos ke Grand Final, yang akan berlangsung Sabtu (20/7/2024) mendatang. Tim besutan pelatih asal Thailand, Chamnan Dokmai ini, masih menyisakan satu laga lagi melawan Jakarta Pertamina Enduro, Sabtu (12/7/2024).

Secara akumulasi nilai, Jakarta BIN juga memiliki peluang besar untuk tampil di Grand Final mendampingi Electric PLN. Dalam sisa satu laga melawan Jakarta Popsivo Polwan, Megawati Hangesti dkk hanya butuh satu set saja untuk memastikan satu tiket tersisa ke partai puncak.

Usai laga, asisten pelatih Electric PLN, Roy Letlora mengaku bersyukur, timnya memenangi laga ini dengan skor meyakinkan 3-0. Menurut dia, hasil ini di luar dugaan, mengingat sebelumnya Electric PLN selalu kalah dari Jakarta BIN sejak seri reguler.

BACA JUGA: KY Hadiri Peluncuran Implementasi Layanan Elektronik dan Penyerahan Sertifikat oleh Menteri ATR/BPN

”Pencapaian ini makin menyalakan mental para pemain. Kami akan bermain lebih bijak dalam merotasi pemain, untuk pertandingan berikutnya. Anak-anak bermain hebat. Servis Marina cukup menyulitkan lawan,” katanya.

Sedangkan kapten Electric PLN, Yolla Yuliana menyatakan, dirinya tak akan melepas laga terakhirnya melawan Pertamina Enduro, Minggu (14/7/2024). Para pemain akan tetap tampil maksimal, untuk meraih kemenangan.

”Kami akan tetap main enjoy menyongsong Grand Final. Kami bersyukur permainan kami makin ke sini lebih meningkat. Target ke depan, tentu juara dong,” kata Yolla yang telah dua kali turut-turut memberikan trofi juara bersama Electric PLN, yakni pada 2015 dan 2017.

BACA JUGA: Gas Bumi Beyond Pipeline CNG Subholding Gas Pertamina Mengalir di Balikpapan

Sementara itu, kepastian LavAni ke Grand Final ini ditentukan setelah tim milik Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu, memenangkan empat laga di Final Four. Pada putaran pertama di Surabaya pekan lalu, Dio Zukfikri dkk menyapu bersih tiga laga di Surabaya.

Meski masih menyisakan dua laga di Semarang ini, LavAni tak tergoyahkan lagi ke partai puncak. Dua laga di penghujung Final Four, LavAni akan berhadapan dengan Jakarta STIN BIN, Sabtu (13/7/2024) dan Palembang Bank SumselBabel, Minggu (14/7/2024).

Asisten pelatih LavAni, Samsul Jais mengaku puas dengan hasil kemenangan atas Jakarta Bhayangkara Presisi, sekaligus menyegel tiket Grand Final Proliga.

”Bagi kami, yang penting LavAni menang, entah menang 3-1 atau 3-2. Kemenangan ini membuat kami lolos ke Grand Final,” ungkap Samsul.

BACA JUGA: Universitas Diponegoro Siap Bantu Pemkab Blora Tangani Stunting Hingga Kemiskinan

Pada pertandingan terakhir hari ini, tim putri Popsivo Polwan menang telak 3-0 (33-31, 24-16, 25-20) atas Jakarta Pertamina Enduro. Meski peluangnya untuk lolos ke babak Grand Final kecil, namun Popsivo Polwan tetap akan berupaya menahan laju Jakarta BIN untuk merebut tiket terakhir ke partai puncak.

Jadwal Pertandingan Sabtu (13/7/2024):
14.00 WIB: Bhayangkara vs Bank Sumsel (Putra)
16.00 WIB: LavAni vs STIN BIN (Putra)
18.30 WIB: Enduro vs PLN (Putri).

Riyan