Merias jenazah. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Spectra Management dengan bangga mempersembahkan sebuah acara bertajuk “Kekal” yang digelar pada 5 Juli 2024 di Gedung GRHA Sinode, Salatiga.

Acara Kekal diadakan untuk memberi bekal pelatihan merias jenazah yang ditujukan kepada jemaat dari gereja-gereja di Salatiga, dengan harapan memotivasi mereka dalam membentuk tim pelayanan kedukaan di gerejanya masing-masing.  Acara ini juga terbuka untuk umum dengan kuota terbatas.

Acara Kekal sendiri bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang makna kehidupan dan kematian, serta mengeksplorasi bahwa merias orang mati tidak sama dengan merias orang hidup.

Kami sangat bersyukur dapat menghadirkan Gloria Elsa Hutasoit, seorang perias jenazah gratis dari Jakarta sebagai pembicara utama. Gloria Elsa Hutasoit dikenal luas atas dedikasinya dalam memberikan pelayanan perias jenazah tanpa biaya, memberikan penghormatan terakhir dengan layak bagi mereka yang telah berpulang.

Tari siluet menggambarkan keanggunan penari. Foto: UKSW

Dengan pengalaman dan cerita inspiratifnya, Gloria Elsa Hutasoit memberikan pandangan berbeda tentang seni merias serta pengalamannya tentang bagaimana pekerjaan ini memberikan dampak positif bagi keluarga yang ditinggalkan. Ia juga memberikan tips praktis tentang cara merawat jenazah dengan hormat dan layak. Untuk melihat adanya perbedaan antara perias jenazah dan Make-Up Artist (MUA), Kami juga menghadirkan Gabby Arenda seorang Make-Up Artist (MUA) profesional yang akan berbagi pengalamannya dalam merias orang hidup.

Selain sesi utama dari kedua pembicara, acara ini juga menampilkan pertunjukan mini teater yang diperankan oleh Tyrsa Ardelle Sasikirana Hudoyo mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Chaterine dan Wijang Pramono Tri Sunugroho dari teater tilar mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Mini teater ini mengisahkan seorang penari tamborin yang merupakan anak tunggal dari keluarga sederhana yang mengalami kecelakaan lalu lintas ketika hendak menuju lokasi penampilan. Kisah ini diperankan oleh Tyrsa sebagai penari, Chaterine dan Wijang sebagai orang tua. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan menggugah emosional audiens tentang kehidupan dan kematian.

Acara ini juga mencakup coaching clinic, demonstrasi, dan sesi tanya jawab dimana peserta dapat berinteraksi langsung dengan Gloria Elsa Hutasoit dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka. Diharapkan acara ini mampu memberikan wawasan baru, inspirasi, dan pemahaman mendalam bagi para audience.

Dengan rangkaian acara yang penuh dengan elemen-elemen dramatis dan emosional, serta kesempatan belajar yang berharga, diharapkan penonton dapat merasakan setiap momen dan pesan yang ingin disampaikan melalui seni yang dipersembahkan.

Diketahui, Suarabaru.id merupakan media mitra untuk kegiatan pertunjukan Spectra Manajemen yang mengangkat tema “Kekal”.

Ning S