Program siniar berupa podcast bernama Solmed Jateng digarap Diskominfo Jateng untuk sampaikan program-program Pemprov Jateng. (Foto: Pemprov Jateng)

SEMARANG  (SUARABARU.ID) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah menggarapkan program siniar berupa podcast bernama Solmed Jateng, yang merupakan akronim dari Solusi Media Jawa Tengah.

Program yang tayang periodik via kanal YouTube Kominfo Jateng tersebut akan membahas kinerja Pemprov Jateng dalam menuntaskan persoalan yang di tengah masyarakat.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jateng Moch Faizin mengungkapkan, selama ini kanal khusus yang intens membahas terkait kinerja Pemprov Jateng masih dirasa kurang.

Moch Faizin mengharapkan, siniar Solmed Jateng akan menjadi diseminasi informasi yang akan tersebar lebih luas kepada masyarakat.

“Melalui siniar Solmed Jateng, rekan-rekan media juga bisa mendulang informasi terkait program Pemprov Jateng. Harapannya, informasi tersebar dan tersampaikan kepada warga,” tuturnya, Kamis 11 Juli 2024.

Dia menyebutkan, penentuan topik didasarkan atas analisis tim opini publik. Tim itu bertugas menjaring isu dan opini yang tengah berkembang di masyarakat. Selanjutnya, dari top issue yang telah terjaringakan dibahas bersama OPD dan pihak terkait. Sehingga, topik yang dibahas pada siniar Solmed Jateng selalu update.

“Dengan metode ini, masyarakat akan mendapat jawaban terkait isu yang sedang berkembang melalui siniar Solmed Jateng,” ujar Faizin.

Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum, mendukung program siniar Solmed Jateng. Menurutnya, ajang ini sangat tepat untuk menjawab keingintahuan masyarakat terhadap program-program Pemprov Jateng.

“Tujuannya untuk menyampaikan info aktual terkait program Pemprov Jateng. Ini adalah bentuk dari hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. Saya harap Solmed Jateng juga menjadi ajang promosi kebudayaan Jateng, bisa lewat pakaian daerah yang berbeda-beda,” ucapnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jateng Teguh Hadi Prayitno mengapresiasi hadirnya siniar Solmed Jateng. Menurutnya, hal itu adalah bentuk keseriusan pemerintah berbenah dan mengakrabkan diri dengan dunia digital.

“Di era digital ini pemerintah perlu beradaptasi dan berbenah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Diaz Aza