Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta saat memberikan sambutan padaseminar dan pelatihan peranan perempuan dalam berorganisasi dengan tajuk "Bermuatan Lokal Bersaya Saing Global" di Maribu Resto Jepara, Rabu (10/7/2024) Foto: Kmf

JEPARA (SUARABARU.ID) — Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) menyelenggarakan seminar dan pelatihan peranan perempuan dalam berorganisasi dengan tajuk “Bermuatan Lokal Bersaya Saing Global” di Maribu Resto Jepara, Rabu (10/7/2024). Seminar tersebut dilaksanakan dalam rangka memperkuat pemberdayaan ekonomi daerah khususnya pengusaha muslimah di Jepara.

Hadir penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi yang diwakili Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Forkopimda Jepara, ketua IPEMI Jawa Tengah Mieke, jajaran PD IPEMI Jepara serta seluruh peserta seminar dan tamu undangan.

Pj Bupati Jepara menyampaikan apresiasi kepada IPEMI Kabupaten Jepara karena selama ini terus memberikan sumbangsih bagi pembangunan daerah, khususnya pada aspek pemberdayaan muslimah di Jepara.

“Saya berharap IPEMI tidak semata-mata memberikan manfaat bagi pengusaha muslimah saja, namun dapat menggerakkan kaum perempuan Jepara secara keseluruhan untuk meningkatkan pemberdayaan terutama di tingkat bawah,” kata dia.

Pj Bupati Jepara juga meminta IPEMI terus memperkuat eksistensinya serta berkolaborasi dalam hal ini perannya sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Jepara untuk pembangunan ekonomi di Kota Ukir agar terus maju. Pemkab Jepara pun siap mendukung program-program IPEMI serta siap mempromosikan produk-produk lokal Jepara agar mampu dikenal sampai tingkat global.

“Beragam potensi ekonomi serta potensi unggulan daerah Jepara belum tergarap dengan maksimal sehingga perlu dieksplorasi dan diberikan sentuhan inovasi yang selanjutnya diperkenalkan dan dipromosikan secara nasional, ” ujarnya.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Forkopimda Jepara yang mewakili Kapolda Jateng saat menerima cinderamata dari IPEMI. Foto: Kmf

Kapolres Jepara yang mewakili Kapolda Jawa Tengah dalam sambutannya mengatakan siap mendukung penuh dan mendorong IPEMI di Kabupaten Jepara mampu bersaing sampai tingkat global.

 

“Inovasi-inovasi produk mulai dari proses produksi, pengemasan, hingga penjualan perlu diperhatikan dan ide-ide kreatif juga sangat perlu dimunculkan,” kata Wahyu.

Sementara itu, Ketua PD IPEMI Kabupaten Jepara,   Eviana Luthfia mengatakan bahwa IPAMI siap memberikan dukungan dan membantu program pemerintah.

“Kami siap memaksimalkan dan memberdayakan pengusaha muslimah khususnya yang ada di Jepara dan kami siap bersinergi dam mendukung program-program pemerintah,” kata dia.

Eviana menuturkan, saat ini di tiap-tiap kecamatan di Kabupaten Jepara sudah terbentuk kepengurusan cabang IPEMI. Dia juga menambahkan, IPEMI Jepara saat ini telah bersinergi dengan pihak kepolisian dan Jasa Raharja dalam hal pemberdayaan istri korban kecelakaan.

Selain itu, IPEMI juga berkolaborasi dengan pemerintah untuk menjadi pengelola salah satu toko oleh-oleh  UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berada di dermaga penyeberangan Karimunjawa. IPEMI juga diberikan kepercayaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam hal pengelolaan warung NKRI yang terletak di utara Alun-alun 1 Jepara.

Hadepe-Kmf