Perputakaan RA Kartini dikunjungi jajaran Polres Jepara dan Taruna Akpol Senin 8 Juli 2024. Foto: Edi M

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kebahagiaan tak bisa disembunyikan dari raut wajah Edi Mustofa, pegiat literasi Jepara dan sekaligus penggagas Kampung Wisata Belimbing Jingga. Pasalnya perpustakaan R.A. Kartini  yang dikelolanya mendapatkan kunjungan dari Polres Jepara bersama sejumlah Taruna Akademi Kepolisian.

Kegiatan yang terselenggara  Senin, 8 Juli 2024 dihadiri oleh 15 anak – anak yang sering berkegiatan di perpustakaan selama ini. Di samping itu ada mahasiswa dari UNNES Semarang, Muhammad Imaduddin dan Politeknik Balekambang, Muhammada Reza Adi Wardana.

Tak hanya berkunjung, rombongan Polres Jepara juga memborong Belimbing Jingga.

Rombongan di terima Edy bersama anak-anak binaannya di Perpustakaan RA Kartini, Ds. Ketilengsingolelo Dukuh Mbedayun Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara Jawa Tengah.  Sedangkan jajaran  Polres Jepara diwakili Ipda Joko Suhaji, Aipda Waluyo, Bripda Krisna Valdo dan Taruna Akpol tingkat 1 yang sedang  melaksanakan Latja di Polres Jepara.

Ipda Joko Suhaji dalam kunjungan mengungkapkan, ” Setelah sekian lama kenal dengan Edi Mustofa baru kali ini bisa menyambangi perpustakaan yang dikelolanya. Kedepan akan ada kunjungan resmi untuk  diskusi program Pembinaan Remaja dan Wanita sebagai bagian dari preventif ke masyarakat agar tidak melakukan atau menjadi  korban kejahatan ” ujarnya

Diskusi dengan Perpustakaan RA Kartini Jepara.

Sementara sebagai pengelola Perpustakaan RAKartini, Edi Mustofa dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya  atas kunjungan dari jajaran Polres Jepara. “Bagi kami ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan jajaran Polres Jepara terhadap kegiatan literasi di pedesaan,” ujarnya.

Sementara terkait dengan Blimbing Welahan Edi menjelaskan, belimbing Jingga Welahan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu namun lebih dikenal dengan belimbing Demak karena ketika musim panen  para pedagang menjual di pasar Demak Bintoro.

Dari hasil diskusi dengan Ipda Joko Suhaji dan jajaran Polres Jepara, akanenindaklanjuti pengembangan perpustakaan & Wisata Belimbing Jingga agar memberikan manfaat ke masyarakat.

Setelah sesi tanya jawab selesai, Zahira Aulia Fatmasari menampilkan puisi karangan Ali Emje dan mendapatkan apresiasi dari para taruna akpol. Acara selanjutnya mengunjungi area wisata perkebunan buah belimbing Jingga dan bertanya langsung dengan para petaninya mengenai perawatan pohon belimbing Jingga.

Di penutup agenda sambangan ini,. Ipda Joko Suhaji dkk membeli buah belimbing Jingga sebagai oleh – oleh buah  khas Desa Welahan dan Desa Ketilengsingolelo.

Hadepe – Edi