Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Prof Dr Gunarto SH MH bersama timmengadakan kunjungan kerja ke Universidade Dili Timor Leste. Lawatan tersebut merupakankunjungan balasan setelah beberapa waktu lalu Rektor dan Wakil Rektor Universitas tersebutdatang ke Unissula dalam rangka perpanjangan kerja sama.

Turut serta dalam kunjungan ke Dili antara para pimpinan Fakultas Hukum. Mereka adalahDr Jawade Hafidz SH MH (Dekan), Dr Denny Suwondo SH MH (Wakil Dekan 2), Prof Dr Anis Mashdurohatun SH MHum (Kaprodi S3 Ilmu Hukum), Dr Lathifah Hanim SH MH MKn (Sekprodi S3 Ilmu Hukum). Pimpinan lainnya Dr Andri Winjaya Laksana SH MH (Kaprodi S2 Ilmu Hukum), Dr Achmad Arifulloh SH MH (Sekprodi S2 Kenotariatan), M Dias Saktiawan SH MKn, Hendro Widodo SH MH MKn. Turut mendampingi Rio LuhungPribadi SPd (Kepala Kantor Urusan Kerjasama Unissula).

Lawatan tersebut disambut oleh jajaran rektorat dan mahasiswa Universitas Dili pada Rabu sore (3/7/2024) waktu setempat. Dalam sambutannya, Prof Gunarto menyampaikan sangat terkesan dengan penyambutan yang luar biasa hangat. Lebih lanjut, ia menyampaikankomitmennya untuk memperkuat kerja sama kedua institusi.

Kerja sama antara Unissula dan Universitas Dili mencakup banyak bidang termasuk bidangIlmu Hukum dan Kedokteran Gigi. Selain itu, kolaborasi juga mengarah pada bidangpeningkatan SDM kedua institusi. Salah satu implementasinya yaitu akan ada dua pejabatrektorat dari Universitas Dili akan menempuh studi program doktor di Unissula. Hal tersebutmerupakan langkah transformatif yang dinilai akan semakin meningkatkan kualitas kerjasama antara kedua institusi dan memperkuat internasionalisasi dengan semakin banyakmahasiswa internasional yang menempuh studi. Hal tersebut dapat membawa kemanfaatanresiprokal bagi kedua institusi.

Senada hal di atas, Rektor Universitas Dili Dr Jose Agostinho da Costa Belo Pereira juga sangat tersanjung atas kunjungan Unissula ke kota Dili. Ikatan kerja sama yang telah berjalansejak lama terus meningkat kualitasnya. Ia merasa bersyukur karena kolaborasi yang dilakukan semakin membawa kemajuan bagi Universitasnya. Lebih lanjut, ia menyatakanakan terus mengirim SDM nya untuk menempuh studi pascasarjana di Unissula.

Unissula sebagai a world-class university telah diakui oleh berbagai lembaga akreditasiinternasional seperti ASIC (Inggris) dan Abest21 (Jepang) serta lembaga pemeringkataninternasional bergengsi seperti Times Higher Education (THE), Webometric, Edurank dan Unirank serta lainnya. Hal tersebut semakin memotivasi Unissula untuk berkiprah di level internasional guna menyiapkan lulusannya agar dapat bersaing serta berjejaring secara global. Ke depan akan semakin banyak inisiatif-inisiatif internasional yang akan digagas Unissulauntuk mencetak generasi khaira ummah yang berkarakter birrul walidain.