Jelajah negeri bangun anti korupsi Roadshow Bus KPK 2024 di Wonosobo. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kabupaten Wonosobo mendapatkan kehormatan besar sebagai salah satu tuan rumah dalam rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK 2024 : Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi.

Acara yang diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 7 Juli 2024, dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemberantasan korupsi.

Bus Antikorupsi merupakan ikon upaya pendidikan antikorupsi yang mengunjungi puluhan kota dan Kabupaten di pulau Jawa dan Sumatera, dan diproyeksikan akan terus berkunjung ke pelosok Tanah Air.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menyampaikan, kampanye “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” ini bertujuan untuk membumikan isu-isu pemberantasan korupsi dengan meningkatkan awareness terhadap antikorupsi dan menghindari perilaku koruptif.

“Harapan kami melalui kegiatan ini mari kita tingkatkan kesadaran dan pemahaman antikorupsi yang dapat diimplementasikan dalam keseharian, termasuk bijak dalam memilih dan tidak menerima serangan fajar,” tuturnya saat pelepasan Roadshow dikutip dari Website KPK.go.id.

Tanak menambahkan, Salah satu misi utama Roadshow Bus KPK 2024 ialah menyebarkan nilai antikorupsi khususnya pada sektor politik agar masyarakat tidak menerima dan menolak segala bentuk serangan fajar.

“Program ini diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah daerah, pemahaman serta kontribusi masyarakat agar terus membangun budaya antikorupsi,” ujarnya.

“Juga dalam rangka mewujudkan hak serta tanggung jawab masyarakat dalam penyelenggaraan masyarakat yang bersih dari tindak pidana korupsi,” tutupnya.

Anti Korupsi

Pemkab Wonosobo menyambut baik agenda jelajah negeri bangun anti korupsi Roadshow Bus KPK 2024. Foto : SB/dok Prokompim

Sementara itu, Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo menyambut baik kedatangan Roadshow Bus KPK dan menyatakan dukungan penuh pemerintah daerah. Dia mengajak masyarakat setempat untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Mari kita manfaatkan momentum ini untuk memperkuat komitmen kita bersama dalam memberantas korupsi dan membangun Wonosobo yang bersih dan berintegritas,” ujar One Andang

Lebih lanjut, “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi : Roadshow Bus KPK 2024” akan berkolaborasi bersama Pemkab Wonosobo dalam menghadirkan program dan berbagai kegiatan di setiap lokasi kegiatan.

Di antaranya : edukasi pelajar, sosialisasi bagi ASN, temu komunitas, kuliah umum, nonton bersama film antikorupsi, senam bersama anti politik uang ‘Hajar Serangan Fajar’, pameran UMKM dan layanan publik dan executive briefing Forkompimda.

Sekda Wonosobo lebih lanjut menjelaskan bahwa kegiatan Roadshow Bus KPK secara resmi akan dibuka pada tanggal 4 Juli 2024 pukul 10.00 WIB di Pendopo Bupati. Setelah pasrah panji yang merupakan kegiatan pembuka rangkaian kegiatan hari jadi dilaksanakan.

Pemkab Wonosobo telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk mendukung roadshow Bus KPK salah satu menyelenggarakan pameran layanan publik dan UMKM.

“Silahkan seluruh lapisan masyarakat di Wonosobo bisa bergabung dan mengambil bagian dalam kegiatan ini,” ajak Andang, Kamis (4/7/2024).

Roadshow Bus KPK 2024 di Wonosobo diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam upaya bersama melawan korupsi. “Mari bersama-sama jelajahi negeri dan bangun kesadaran anti korupsi demi masa depan Indonesia yang lebih baik,” ajaknya.

Muharno Zarka