Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko bersama rombongan saat menijau jalan Kembang PLTU

JEPARA (SUARABARU.ID) – Mobilitas warga di Kecamatan Kembang dan sekitarnya, terbantu dengan jalan baru  dari ibukota kecamatan sampai dengan PLTU Tanjungjati B. Jalan tersebut dari jalan raya Jepara – Keling dengan  titik awal jalan  berada di jalan masuk ke arah Desa Balong dan berakhir di PLTU. Jalan selebar 6 meter dengan konstruksi beton itu, menembus hutan milik Perhutani di antara kedua lokasi.

Menurut Sekretaris Daerah  Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, jalan tersebut telah selesai dibangun. “Selain untuk PLTU, jalan ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” kata di kantornya, pada Kamis pagi (4/7/2024).

Jalan kembng PLTU melalui jalan arah desa Balong yang selesai dibangun

Ia mengungkapkan hal tersebut saat mewakili Penjabat Bupati Edy Supriyanta, memberi sambutan pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama pemanfaatan kawasan hutan antara Pemkab Jepara dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pati.

Dalam agenda yang berlangsung di Ruang Command Center Setda Jepara, dokumen ditandatangani Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Jepara Ary Bahtiar dari pihak Pemkab Jepara, serta Administrator Perum Perhutani KPH Pati Sukmono Edwi Susanto. Hadir juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Jepara Ratib Zaini, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara Hery Yuliyanto.

Lebih lanjut ia mengungkapkan,terwujudnya jalan sepanjang sekitar 9,5 kilometer tersebut merupakan bentuk sinergitas antara Perhutani dengan Pemkab Jepara dalam memperpanjang kerja sama yang sebelumnya telah terjalin. Dia menyebut, jalan ini awalnya berupa alur di hutan Perhutani, lalu ditingkatkan kualitasnya dengan beton dan dilonggarkan. Sekda juga menyebut, pihaknya sangat berharap kerja sama terus dilanjutkan dalam memenuhi fasilitas umum baik untuk masyarakat maupun pemerintahan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara Hery Yuliyanto mengatakan, selain konstruksi cor beton yang telah selesai dan sudah digunakan masyarakat ini, jalan itu juga akan dilengkapi sarana pendukung. Di antaranya rambu-rambu jalan dan lampu penerang jalan yang sebagian telah selesai dipasang.

Sementara Administrator Perum Perhutani KPH Pati Sukmono Edwi Susanto mengatakan, total luas lahan yang digunakan mencapai 5.027 hektare. “Lebarnya 8 meter,” katanya.

Konstruksi jalan yang dibuat selebar 6 meter. Sisanya digunakan untuk membangun talut dan pendukung jalan. Saat rombongan lintas lembaga melakukan peninjauan ke lokasi, proses pengurukan bahu jalan antara cor dengan talut sedang berlangsung.

Hadepe