Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan sambutan pada peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa se Kecamatan Kutowinangun, Jumat 28/6.(Foto:SB/Prokopim)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto telah menunjukkan keperpihakannya kepada tenaga pendidik guru dalam upaya peningkatan kesejahteraan.

Selain pengangkatan ribuan guru PPPK SD dan SMP, para guru PAUD di era pemerintahan Arif Sugiyanto juga mendapat perhatian dari Pemerintah.

Bupati mengatakan, pihaknya telah menggelontorkan anggaran Rp 11, 6 Miliar untuk pemberian insentif guru-guru TK/Paud. Mereka setiap bulan kini mendapat tambahan gaji dari Pemda sebesar Rp 500 ribu. Total penerima manfaat ini ada 2.259 guru.

“Insentif ini kita berikan kepada guru TK/PAUD nonASN yang jumlahnya ada 2.259 guru. Alhamdulillah kita berikan tambahan gaji sebesar Rp 500 setiap bulannya, di mana sebelum kami belum pernah diberikan,”ujar Arif Sugiyanto pada kegiatan peningkatan kapasitas bersama RT/RW se Kecamatan Kutowinangun, Jumat (28/6).

Bupati mengakui, pemberian insentif itu mungkin tidak sebanding dengan jerih payahnya menjadi seorang pendidik. Namun bantuan ini sebagai bentuk kecintaan dan perhatian pemerintah kepada para guru TK/PAUD. Pihaknya pun masih berupaya meningkatkan pendapatan para guru TK/PAUD dengan mengangkat PPPK.

Ia menyebut, pihaknya berencana mengangkat guru TK/PAUD menjadi tenaga PPPK yang setiap bulan mendapat gaji dari pemerintah seperti halnya ASN. Saat ini Pemda masih berkonsultasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Karena ini menyangkut regulasi, pengangkatan PPPK itu kan kewenangannya ada di KemenpanRB. Jadi kita masih melakukan konsultasi boleh atau tidak. Karena sekolah TK negeri yang di bawa pemerintah itu di Kebumen hanya dua,”ungkapnya.

Beberapa alternatif ditawarkan. Kalaupun tidak bisa dilakukan pengangkatan PPPK, maka bisa jadi dimasukkan sebagai tenaga Petugas penunjang kegiatan atau P2K. Bila tidak bisa maka, alternatif lainnya penambahan insentif dari Rp 500 per bulan naik dengan nilai yang lebih tinggi.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga Yanie Giat Setyawan menambahkan, guru TK/PAUD yang menerima  insentif adalah mereka yang telah terdaftar Dapodik. Ini merupakan Program Bupati yang sudah berjalan sejak 2021.

“Alhamdulillah setiap tahun nilainya terus naik, dari yang tadinya hanya diberikan sepuluh bulan, sekarang penuh dua belas bulan,” terang Giat.

Guna mendukung kualitas pembelajaran, pemerintah juga memberikan bantuan untuk sarana dan prasarana sekolah-sekolah TK/PAUD. Jumlah sekolah TK/PAUD di Kebumen 1.143. Sekolah-sekolah ini memperoleh bantuan BOP  dari pemerintah.

Komper Wardopo