Kemenkumham Jateng gelar rekonsiliasi dan pemutakhiran data laporan keuangan dan BMN semester I tahun 2024 (1/7/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kembali berupaya mewujudkan laporan keuangan dan BMN yang andal dan berkualitas, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I Tahun 2024, pada Senin (1/7) di Metro Park View Hotel.

Kepala Kanwil, Tejo Harwanto didampingi Kepala Divisi Administrasi, Anton E. Wardhana membuka secara langsung jalannya kegiatan. Kakanwil mengatakan, krusialnya kinerja berbasis anggaran adalah sebagai evaluasi penting dalam penilaian kinerja.

“Susun strategi dan langkah-langkah percepatan penyerapan anggaran. Tentunya penyerapan anggaran yang kita laksanakan harus penyerapan anggaran yang berkualitas, tidak berpaku pada besaran angkanya saja tetapi tercapai output dan outcomenya, serta memberi dampak dan manfaat sesuai dengan sasaran dan tujuan yang ditetapkan pada saat penyusunan anggaran,” pesan Tejo.

“Selain penyerapan anggaran, yang wajib harus kita lakukan adalah pelaksanaan anggaran yang berkualitas yang bisa kita lihat dari capaian nilai IKPA,” lanjutnya.

Diketahui, capaian nilai IKPA  Mei tahun 2024 jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mencapai nilai rata-rata sebesar 97.98.

“Dan yang penting adalah kita tidak boleh lengah atas capaian yang telah kita peroleh dan tetap menjaga konsistensi nilai yang telah kita capai tersebut,” tandasnya.

Tejo juga menyampaikan hal yang tidak kalah penting adalah dapat mempertanggungjawabkan pelaksanaan anggaran kita dalam bentuk laporan keuangan yang berkualitas.

“Laporan keuangan yang mempunyai karakteristik relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami serta disusun tepat waktu. Susunlah laporan keuangan dan BMN secara berkualitas sesuai standard akuntasi pemerintah,” ujarnya.

Hadir mengikuti kegiatan pembukaan, Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto serta Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan & BMN, yang juga Plh. Kepala Bagian Umum, Maria Titik Sumiyati dan Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Kota Semarang.

Sementara peserta kegiatan merupakan Operator BMN dan Operator GLP. Rekonsiliasi ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 1 – 3 Juli 2024 dengan menghadirkan narasumber dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, serta pendamping dari Eselon I baik yang hadir langsung maupun secara virtual.

Ning S