Atlet angkat beban Kabupaten Batang Bagas Triharto tengah mencoba kursi roda sport bantuan Kemensos, Sabtu 29 Juni 2024. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Terpadu Kartini memberikan bantuan aksesibilitas bagi atlet angkat beban Kabupaten Batang Bagas Triharto berusia 18 tahun. Ia mengalami disabilitas fisik cerebral palsy (CP) spastik sejak lahir, menerima bantuan kursi roda sport untuk membantu mobilitasnya.

Saat ini, ia sedang mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) untuk persiapan seleksi Pekan Paralimpiade Nasional 2024 (Peparnas) yang akan diadakan di Solo Oktober 2024, di kelas 59 kg.

Bagas mengatakan, sebelumnya menggunakan tongkat siku untuk mobilitas kesehariannya. Namun, dengan bantuan kursi roda sport, mobilitas menjadi lebih efisien dan fokus pada latihan.

“Terima kasih kepada Kemensos melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung atas bantuan kursi roda sportnya. Bantuan ini sangat membantu saya dalam mobilitas dan meningkatkan kualitas latihan saya,” katanya, saat ditemui di Dinas Sosial Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (29/6/2024).

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung Margowiyono mengatakan, bantuan tersebut bukan hanya alat bantu mobilitas, tetapi simbol dukungan pemerintah terhadap para atlet disabilitas. “Semoga bantuan ini memudahkan Bagas dalam berlatih dan mencapai prestasi,” harapnya.

Melalui bantuan tersebut pihaknya ingin menunjukkan bahwa pemerintah selalu hadir untuk mendukung dan memfasilitasi kebutuhan para penyandang disabilitas.

“Setiap individu memiliki potensi yang luar biasa, dengan dukungan yang tepat, mereka bisa mencapai impian dan cita-citanya,” pungkasnya.

Nur Muktiadi