Sejumlah seniman Batang tengah berkumpul di Sanggar Pakerti, Desa Kalipucang Kulon, Kabupaten Batang, Sabtu 29 Juni 2024. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Lama tak terdengar, akhirnya wacana pembangunan Gedung Kesenian kembali mengemuka, setelah jajaran Dewan Kesenian mengutarakan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Batang. Beberapa lokasi sempat digadang-gadang bakal dibangun dengan kriteria kultur budaya yang mengakar kuat.

Wacana tersebut sempat diutarakan oleh beberapa tokoh dan budayawan Batang sejak beberapa tahun lalu. Sejumlah persyaratan pun dipaparkan, agar ketika terealisasi sesuai dengan harapan masyarakat.

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang Ahmad Suroso mengatakan, gedung kesenian itu nantinya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan seni budaya. Semua kalangan penikmat seni boleh menggelar pementasan dan diskusi yang disatukan dengan museum.

“Lahan yang akan dibangun harus berkultur budaya yang baik pada kesenian. Misalnya, Kalisalak, Kasepuhan atau Sambong,” katanya, saat ditemui di Sanggar Pakerti, Desa Kalipucang Kulon, Kabupaten Batang, Sabtu (29/6/2024).

Ia menekankan, nantinya Gedung Kesenian Batang, tidak hanya digunakan sebagai media berekspresi anggota DKD saja. Namun seluruh pelaku seni yang membutuhkan media untuk mengekspresikan karyanya di hadapan publik secara tertata.

“Lahan kosong milik Pemda masih luas, cuma nanti kita harus berkoordinasi dengan DPUPR yang membidangi. Teman-teman seniman pinginnya sih setelah Pilkada, segera ada gebrakan pembangunan,” ujar dia.

Nur Muktiadi