Tim Estafet 4x400 Meter Putri Jateng, Florencia Amanda, Bektiningsih, Febiola FD dan Liviana Rizki, berfoto di podium dengan medali perak yang mereka raih. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai memimpin klasemen sementara di hari kedua Kejurnas Atletik Jateng Open 2024, tim tuan rumah harus merelakan gelar juara umum event ini diraih tim PASI Jawa Barat, pada kejuaraan yang digelar di Stadion Tri Lomba Juang, Mugas, Semarang, Sabtu (29/6/2024).

Di klasemen akhir Jabar mengoleksi 6 medali emas, 4 perak dan 7 perunggu. Sedangkan Jateng memperoleh 5 emas, 5 perak dan 2 perunggu. Posisi ketiga ditempati PASI DKI Jakarta mengemas 4 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Di hari terakhir kerjurnas yang berlangsung Kamis-Sabtu (27/29/6/2024) itu, dari tujuh nomor final yang digelar di hari terakhir, Jateng tak mendapatkan satu pun medali emas. Tuan rumah hanya mampu merebut perak di nomor estafet 4×400 meter putri.

BACA JUGA: Reuni ASRI, Melantunkan Bersama Nyanyian Helo-helo

Sementara Jabar berjaya, setelah pelontar martil putrinya, Tresna Puspita, menyumbangkan emas terakhirnya dengan lontaran sejauh 52,78 meter. Medali perak dan perunggu diraih Natasya Mahdalita (PASI Jatim/51,51 meter) dan Indah Pratiwi (PASI Riau/43,94 meter). Satu emas Jabar inilah yang membuatnya tampil sebagai yang terbaik di event ini.

Kejurnas yang juga disaksikan Pertiwi Hasan, istri mantan Ketua Umum PB PASI, Bob Hasan ini, juga terlihat sejumlah legenda atletik Nasional. Ada mantan sprinter Nasional peraih emas 200 meter SEA Games 1985 Henny Maspaitella, dan Emma Tahapary yang pernah tampil di 200 meter Olimpiade 1984.

Henny yang sempat ditemui, memberikan apresiasinya atas pelaksanaan Jateng Open 2024 ini. Dia menyebut, ada talenta-talenta yang bisa diasah untuk menjadi pelari andal.

BACA JUGA: Blora Jarang Turun Hujan, Petani Jagung Tobo Jati Harus  Ngocori dan Mupuk

”Jateng Open bagus. Ini menunjukkan pembinaan atletik di Jateng maju dan intens. Ini kan juga untuk mencari bibit-bibit atlet potensial,” kata kakak mantan pebolavoli Nasional Loudry Maspaitella itu.

Sementara itu, Ketua Pengprov PASI Jateng, Rumini, menyatakan senang dan bangga, kejurnas berlangsung meriah dan sukses. Event yang dihadiri lebih dari 700 atlet dan banyak klub ini, memang dijadikan ajang uji coba terakhir bagi atlet atletik Jateng yang ada di pelatda, sebelum berangkat ke PON nanti

”Usai penyelenggaraan Jateng Open 2024 ini, kami akan segera melakukan evaluasi, guna pemantapan atlet yang akan kami kirimkan ke PON Aceh-Sumut. Dipastikan akan ada pencoretan dalam tim pelatda nanti,” ungkap dia.

BACA JUGA: Wali Kota Semarang Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI

Seperti diberitakan sebelumnya, KONI Jateng memberikan kuota bagi atlet atletik sebanyak 22 orang. Sedangkan saat ini, atlet atletik yang ada di pelatda sejumlah 28 orang. Akhir Juli ini, PASI Jateng akan mencoret enam atlet, untuk memenuhi kuota dari KONI. Sekaligus entry by name PON XXI/2024 yang dijadwalkan digelar September mendatang.

10 Besar Klasemen Akhir Jateng Open 2024

1. PASI Jawa Barat 6-4-7

2. PASI Jawa Tengah 5-5-2

3. PASI DKI Jakarta 4-3-2

4. Atletik POR BIN 4-0-2

5. PASI Sumatera Utara 3-4-5

6. Kepulauan Bangka Belitung 3-4-2

7. PASI Bali 3-1-0

8. PASI Jawa Timur 2-5-4

9. Papua Athletics Center 2-3-2

10. PASI NTB 2-2-1

Riyan