M Excel melintasi papan jumping di salah satu nomor bergengsi Trial Game Dirt. Foto: 76rider

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Penyelenggara Trial Game Dirt 2024, Agnes Wuisan dari 76Rider, menyatakan optimismenya jelang gelaran seri perdana di Semarang. Dijadwalkan event ini digelar di Sirkuit Lapangan Garnisun, pada 5-6 Juli 2024 mendatang.

Ajang yang diinisiasi 76Rider ini, bakal bergulir sebanyak lima seri di lima kota berbeda. Setelah Kota Semarang, event ini akan dilangsungkan di Sidoarjo (26-27 Juli), Yogyakarta (23-24 Agustus), Solo (27-28 September), dan seri pamungkas di Malang (11-12 Oktober).

Para rider akan berlaga dan mengumpulkan poin demi poin dari seri pertama hingga kelima, untuk merebut gelar Juara Umum Trial Game Dirt 2024.

BACA JUGA: UKSW Dominasi Peksimida Jateng 2024, Jadi Tuan Rumah dan Raih Juara Pertama Vocal Group

”Trial Game Dirt 2024 ini memang sudah banyak ditunggu penggemar balap. Kami berupaya memastikan, Trial Game Dirt tahun ini akan menjadi wadah yang kompetitif bagi talenta-talenta terbaik balap motocross di Tanah Air,” kata Agnes dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/6/2024).

Sementara itu, Direktur Genta Auto & Sport, Mariachi Gunawan selaku promotor menjelaskan, beberapa tahun belakangan Semarang memang tak pernah sepi penonton, tiap kali jadi tuan rumah ajang balap, khususnya motocross.

”Sudah cukup lama Trial Game Dirt absen di Semarang. Terakhir pada 2010, yang sukses dengan sambutan penonton yang luar biasa. Maka sekarang dengan antusiasme yang sama, kami kembali hadir di Semarang,” ungkap Mariachi.

BACA JUGA: Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023 Jateng Disetujui, Kekayaan Daerah Naik Rp658,01 Miliar

Ivan dan Heri saat berlaga di Trial Game Dirt Lumajang, edisi tahun lalu. Foto: 76rider

Dia juga menjelaskan, dari empat kelas yang dilombakan, tiga di antaranya merupakan kelas utama dan menjadi incaran para rider elite Nasional, yaitu kelas Campuran Open, FFA Open, dan Campuran Non-Seeded. Satu lagi merupakan kelas tambahan, FFA Master.

Sedikit pembeda dari gelaran pada tahun-tahun sebelumnya adalah, adanya regulasi baru yang bakal menambah ketat persaingan. Kini, catatan waktu tercepat dari para rider juga akan dikonversikan dan diakumulasi sebagai poin.

Sejumlah nama rider elite Nasional sudah mengonfirmasi keikutsertaannya di lima putaran Trial Game Dirt 2024. Termasuk sang juara bertahan tahun lalu, Lantian Juan, di kelas Campuran Open dan FFA Open. Sedangkan deretan penantangnya, ada Ivan Harry Nugroho, M Excel, Savona Oky, Agha Riansyah, M Zulmi, hingga Asep Lukman.

Trial Game Dirt 2024 juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming di www.76rider.com/live. Ikuti juga info lengkapnya di website www.trialgame.id atau akun media sosial Instagram: @trialgameid & Facebook: trialgameid.

Riyan