Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan serahkan bibit mangrove secara simbolis di pantai Prawean, Kamis 27 Juni 2024 Foto: Humas Polres Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memimpin langsung aksi bersih-bersih pantai dan penanaman ribuan bibit pohon mangrove  di pesisir pantai Prawehan Bandengan, Jepara, Kamis (27/6/2024).

Kegiatan  juga  dihadiri Pasiops Kodim 0719/Jepara Lettu Inf Tofik Armadi, Petinggi Desa Bandengan Sumadi beserta perangkat desa, pejabat utama Polres Jepara, TNI, Forkopimcam Jepara Kota, Dinas Lingkungan Hidup Jepara, Saka Bhayangkara hingga kelompok nelayan dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Jepara dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon mangrove dan bersih-bersih pantai ini diadakan dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli nanti 2024.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat berada di Pantai Prawean, Kamis 27 Juni 2024. Foto: Humas Polres Jepara

Selain itu, melalui kegiatan ini pihaknya juga ingin berpartisipasi dalam melestarikan alam melalui perbaikan hutan mangrove di wilayah tersebut.

Menurutnya, upaya penanaman bibit mangrove di daerah pesisir pantai Prawehan ini bertujuan untuk pelestarian hutan bakau atau mangrove di Desa Bandengan, mengingat tanaman mangrove sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya erosi dan juga menjadi tempat berkembang biak ikan maupun kepiting bakau yang ada di pesisir.

Mantan Kapolres Sukoharjo ini juga mengajak warga masyarakat untuk senantiasa melakukan upaya pelestarian hutan Mangrove, dimana keberadaan hutan mangrove di pesisir pantai memiliki banyak manfaat bagi warga masyarakat.

Sementara Petinggi Desa Bandengan Sumadi mengucapkan, apresiasi kepada jajaran Polres Jepara yang telah menggelar kegiatan penanaman pohon mangrove dan pembersihan Pantai dimana suatu aksi yang sangat bermanfaat untuk manusia.

Hadepe