Ketua Persadi Jateng-DIY, Dr. Drs. Pol (P) Rohmad Sunanto bersama para advokat yang baru mengikuti sumpah. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Acara penyumpahan advokat yang tergabung dalam Persadi Jateng-DIY dilakukan di Pengadilan Tinggi Yogyakarta pada Selasa (25/6/2024).

Dalam penyumpahan tersebut dilaksanakan melalui zoom meeting yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal DPN Persadi, Patar Sitanggang S. H, M. H.

Dalam penyumpahan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Dr. Ifa Sudewi, S.H., M.Hum dengan saksi saksi antara lain Suramin, S.H., M.H selaku Panitera Muda Hukum Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Sutino, S.H, Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Toto Susilo. S.H., Sekretaris DPD Persadi Jateng-DIY, dan Dr. Drs. Jaka sarwanta, S.H.,M.H selaku Wakil ketua DPD Persadi Jateng-DIY.

Ita berharap organisasi advokat Persadi mampu menambah profesi advokat yang saat ini dibutuhkan, guna membantu masyarakat pencari keadilan khususnya di daerah Yogyakarta.

Ia juga mengingatkan agar para advokat muda bisa menjaga integritas yang kuat, yang tidak selalu mengedepankan materi semata.

Ketua Persadi Jateng-DIY, Dr. Drs. Pol (P) Rohmad Sunanto. S.H.,M.H.. Foto: Humas

Sementara itu Ketua Persadi Jateng-DIY, Dr. Drs. Pol (P) Rohmad Sunanto. S.H.,M.H., menyampaikan, penyumpahan advokat yang dilaksanakan ini merupakan angkatan yang pertama.

Sunanto juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarra yang telah menyelenggarakan sumpah kepada para advokat Persadi.

Sunanto mengungkapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan tenaga dan pikiran para advokat Persadi apabila ada warga yang memiliki masalah dengan hukum. “Suatu kewajiban seorang advokat untuk membantu memberikan pelayanan hukum dengan baik dan benar,” tuturnya.

Menurutnya advokat memiliki dua sisi. Selain sebagai tenaga profesional juga ada sisi humanis dan sosial yang harus dijalankan. Sunanto menyampaikan kepada para lulusan Sarjana Hukum di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta yang ingin menadi advokat sebagai profesinya bisa mengikuti PKPA – UPA melalui Persadi sebagai pilihan yang tepat

Sebelumnya, DPD Perdsadi Jateng – DIY bekerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga telah menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat dan Ujian Profesi Advokat (PKPA- UPA) pada 25 November 2023 di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan PKPA- UPA diikuti oleh para lulusan Sarjana Hukum sebanyak 15 orang dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dari 15 orang yang sudah mengikuti PKPA – UPA, 7 orang diantaranya telah mengikuti sumpah yang diselenggarakan pada 25 Juni 2024 oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta

Ning S