Tim voli putri Jakarta BIN, menerima hadiah uang sebesar Rp 30 juta, usai tampil sebagai juara putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024. Foto: dok/proliga

PONTIANAK (SUARABARU.ID)– Tumbang di laga pamungkasnya saat melawan Jakarta Popsivo Polwan, tim putri Jakarta BIN, tetap saja keluar sebagai juara putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024, yang dimainkan di GOR Terpadu A Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (23/6/2024).

Sebagai juara putaran kedua, Jakarta BIN mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 30 juta. Tim Megawati Hangestri itu, menempati peringkat pertama dengan memperoleh lima kemenangan dari enam laga.

Satu-satunya kekalahan di putaran kedua ini, dialami saat jumpa Popsivo Polwan. Pada laga seri keempat putaran kedua atau pekan ketujuh itu, Jakarta BIN kalah dengan skor 1-3 (25-27, 25-17, 25-27, 13-25).

BACA JUGA: Urusan Visa Belum Kelar, Kedatangan Pemain Asing Baru Tertunda

Popsivo Polwan pada putaran kedua ini, mendapat empat kemenangan dari enam laga. Sama dengan jumlah kemenangan yang dicapai Jakarta Electric PLN. Namun Popsivo lebih baik poin dari PLN, yakni 14 poin, sedangkan PLN 10 poin.

Popsivo Polwan dari klasemen keseluruhan, putaran satu dan dua, tetap menempati posisi teratas, dengan jumlah kemenangan 10 dari 12 laga. Sedangkan Jakarta BIN memperoleh sembilan kemenangan dari 12 laga. Kedua tim lolos ke Final Four bersama Electric PLN dan Jakarta Pertamina Enduro.

Pelatih Popsivo Polwan, Lardi mengatakan, tim asuhannya banyak melakukan kesalahan pada set kedua. Tetapi mampu diperbaiki pada set ketiga dan keempat. Kesalahan yang dikakukan seringkali pada receive dan servis.

BACA JUGA: Terkait Pencemaran Nama Baik, PSIS Ambil Langkah Hukum

Sedangkan Asisten Pelatih Jakarta BIN, Labib menyatakan, jika menang pada set pertama, kemungkinan akan lain ceritanya. Buktinya, set kedua mampu menang telak. ”Kalah di set ketiga dengan skor tipis, seharusnya bisa bangkit di set keempat. Tapi kita tertinggal jauh, sehingga sulit untuk mengejar,” ujar Labib.

Sementara itu di bagian putra, Jakarta Bhayangkara Presisi sukses menaklukkan Kudus Sukun Badak, pada laga penutup seri keempat putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024, di tempat yang sama. Skor akhir laga itu 3-2 (25-27, 25-22, 23-25, 25-10, 15-6).

Dengan hasil ini, Bhayangkara tetap berada di peringkat keempat dengan rincian delapan kemenangan. Mereka masih di bawah Jakarta LavAni Allobank Electric, Palembang Bank SumselBabel dan Jakarta STIN BIN.

Sesuai laman resmi Proliga 2024, putaran Final Four dilakukan di dua tempat. Final Four 1 digelar di GOR Jayabaya, Kediri (4-7/72024). Final Four 2 dilangsungkan di Sritex Arena, Solo (11-14/7/2024). Sedangkan Grand Final dilaksanakan di GOR Amongrogo, DIY (20-21-7/2024).

Final Four
Tim Putri:
1. Jakarta Popsivo Polwan
2. Jakarta BIN
3. Jakarta Electric PLN
4. Jakarta Pertamina Enduro

Tim Putra:
1. Jakarta LavAni Allobank Electric
2. Palembang Bank SumselBabel
3. Jakarta STIN BIN
4. Jakarta Bhayangkara Presisi

Riyan