Ilustrasi terjadinya biduran pada seseorang akibat alergi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Biduran atau urtikaria merupakan reaksi kulit yang menyebabkan timbulnya bintik berwarna merah atau putih. Luka yang timbul juga disertai dengan rasa gatal. Awalnya, bintik ini muncul hanya di satu bagian tubuh, tetapi lama-kelamaan bintik ini akhirnya menyebar.

Secara umum, penyebab terjadinya biduran adalah tingginya histamin yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh. Histamin tersebut dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh dan membuat pembuluh darah melebar. Ada beberapa faktor risiko yang memicu terjadinya biduran pada seseorang, yaitu mengonsumsi makanan pemicu alergi.

Biduran biasanya muncul setelah tubuh terpapar oleh faktor pemicu alergi (alergen). Saat hal itu terjadi, tubuh akan melepaskan senyawa kimia bernama histamin ke dalam darah, yang kemudian menyebabkan reaksi pada kulit berupa rasa gatal, bentol, dan ruam kulit.

Melansir dari laman Halodoc.com, biduran sejatinaya merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh paparan bakteri yang tercampur dengan keringat atau bisa juga disebabkan karena alergi tertentu.

Kendati tidak berbahaya bagi kesehatan, namun biduran yang dapat menimbulkan rasa gatal pada tubuh bisa menyebabkan aktivitas harianmu menjadi terganggu.

Rasa gatal akibat biduran tersebut memang kerap kali muncul ketika bintik-bintik kemerahan tersebut tergesek sesuatu seperti pakaian. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi munculnya sensasi gatal akibat biduran tersebut. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 cara sederhana untuk mengurangi atau mencegah rasa gatal karena biduran.

1. Mengonsumsi Obat-obatan tertentu

Melansir dari artikel berjudul “Diseases and Conditions. Hives and Angioedema”, biduran yang dapat menimbulkan rasa gatal bisa dicegah dengan mengonsumsi obat-obatan tertenu. Apabila kamu pergi ke klinik atau ke dokter untuk memeriksakan biduranmu. Umumnya, dokter akan meresepkan beberapa jenis obat untuk mengurangi efek samping dari biduran tersebut dan obat anti gatal.

Beberapa obat yang kerap kali diresepkan oleh dokter saat pasiennya terkena biduran adalah Anthistamin, kortiskosteroid, epinefrin dan beberapa jenis obat lainnya. Namun, tentunya dokter juga akan mempertimbangkan mengenai kondisi kesehatanmu karena biduran juga rawan memicu beberapa penyakit lainnya seperti alergi sehingga kemungkinan pemberian obat akan sedikit berbeda.

2. Mengompres Area yang Muncul Bercak Merah Dengan Air Dingin

Melansir dari artikel berjudul “What Are Hives and Angioedema?”, mengompres area yang terkena biduran dengan air dingin atau es batu merupakan salah satu cara sederhana untuk mengurangi munculnya rasa gatal di area kulit. Cara ini selain dapat meredahakan rasa gatal, juga bisa untuk meredakan peradangan akibat biduran tersebut. Kamu bisa mengompres kulitmu sekitar 10-20 menit dengan air dingin untuk mengurangi gejala timbulnya rasa gatal tersebut.

3. Gunakan Pakaian Longgar

Saat terkena biduran, kamu disarankan untuk menggunakan pakaian yang cenderung longgar. Hal ini untuk meminimalisir kulitmu menggalami gesekan dengan pakaianmu. Selain itu, pakaian longgar juga bisa menjaga sirkulasi udara dalam tubuh menjadi normal sehingga tidak menyebabkan kulitmu mengalami iritasi akibat keringat.

Nah, itulah beberapa cara sederhana untuk mengatasi rasa gatal akibat biduran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia