Kepala SMAN 1 Tahunan Ida Fitriningsih, S.Pd.,M.Pd

JEPARA  (SUARABARU.ID) – Disamping terbukti telah memberikan perhatian khusus terhadap para pelajar di berbagai jenjang pendidikan, Polres Jepara juga telah  menciptakan program-program yang inovatif, aplikatif dan efektif untuk menyelesaikan dan menjawab permalahan di Jepara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala SMAN 1 Tahunan  Ida Fitriningsih, S.Pd.,M.Pd saat diminta tanggapannya seputar  kinerja Polres Jepara. Pernyataan tersebut disampaikannya   dalam rangka HUT Ke-78 Bhayangkara, Sabtu (22/6-2024).

“Secara pribadi Kapolres Jepara, Bapak AKBP Wahyu Nugroho Setyawan telah mengunjungi SMAN 1 Tahunan sebanyak dua kali untuk pembinaan siswa dan saat pencanangan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Dilingkungan SMA,SMK dan SLB. Juga sejumlah pembinaan oleh Kapolsek Tahunan. Juga keberbagai sekolah lainnya,” ujar Ida  Fitriningsih. Ini menunjukkan perhatian jajaran kepolisian terhadap para siswa.

Ia juga menilai program Siraju, menunjukkan kesigapan polisi dalam merespon informasi masyarakat, termasuk aduan yang kemudian dilakukan  tindakan langsung dalam memberantas berbagai penyakit  masyarakat.

Program Kampung Kartini Tangguh juga dinilai sebagai inovasi orisinil Kapolres Jepara dalam  meningkatkan potensi perempuan di Jepara, di tengah berbagai problematika sosial. “Kami bersyukur dapat turut memberikan kontribusi bersama aktivis perempuan lain saat menggodog program ini,” ungkap Ida Fitriningsih. Ia berharap program ini dapat terus berkembang.

Polres Jepara juga responsif, memberikan perhatian dan penghargaan untuk berbagai aktivitas masyarakat Jepara yang secara langsung maupun tidak langsung mendukung tugas Polres. “Saya sebagai salah satu penerima penghargaan dari Kapolres Jepara  yang memberikan  apresiasi atas gerakan disiplin berlalulintas di sekolah,” ungkapnya

Penghargaan menurut Ida sangat memotivasi saya secara pribadi, maupun sebagai  pimpinan di SMAN 1 Tahunan dan juga para guru. “Apresiasi ini juga memotivasi siswa siswi  semakin menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas,” paparnya

Lebih lanjut Ida berharap, terkait dengan  disiplin berlalu lintas, kami berharap Polres  Jepara untuk memperhatikan keluhan masyarakat atas pengendara-pengendara  motor yang kurang tertib sehingga  menimbulkan ketidaknyamanan pengendara lain. “Ketertiban, kenyamanan berkendara di jalan berpengaruh pada kenyamanan wisata yang datang ke Jepara.

Ia juga berharap agar Polres terus menggencarkan operasi  tempat kos yang disalah fungsikan, judi online, narkoba, game online, perkelahian remaja hingga  balap liar. “Dunia pendidikan sangat  resah dengan issue-issue tersebut. Sebab bisa saja korbannya adalah para pelajar,” ujarnya. Harapan kami terus  terjalin sinergi yang kuat antara Polres Jepara  dan dunia pendidikan dalam melakukan edukasi, pembinaan dan bahkan pengawasan,”papar Ida

Selain itu, ia  juga berharap Polres Jepara dapat  terus mengembangkan sistem , atau program untuk dapat mendeteksi, mencegah,  menyelesaikan permasalah masyarakat tidak hanya yang nyata, tapi juga yang terjadi di dunia maya. “Sesuai perkembangan teknologi, kita juga harus aktif mendeteksi, menyelesaikan kejahatan  dan persoalan sosial di dunia maya.

Pada akhirnya atas nama keluarga besar SMAN 1 Tahunan, Ida Fitriningsih ingin menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-78 kepada segenap jajaran kepolisian di Jepara. “Semoga dapat  terus menampilkan kinerja sebagau pengayom dan pelindung masyarakat di tengah dinamika masyarakat yang terus berkembang,” pungkasnya

Hadepe