Salah satu peserta olahraga triathlon ketika mengayuh sepeda di area Telaga Bedakah Tlogomulyo Kertek Wonosobo, Sabtu (22/6/2024). Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah 75 atlet olahraga triathlon dari luar dan dalam negeri mengikuti event “Specta Sindoro-Sumbing Triathlon dan Duathlon 2024” di komplek wisata Bedakah Desa Tlogomulyo Kertek Wonosobo, Sabtu (22/6). Sedang, Minggu (23/6/2024) besok, 150 atlet akan berlaga di olahraga duathlon dari lapangan Desa Pagerejo Kertek.

Olahraga triathlon merupakan perpaduan tiga jenis olahraga, yakni renang, bersepeda dan lari sekaligus secara berurutan. Adapun duathlon yakni bersepeda dan lari secara bergantian. Dua event yang mengkombinasikan antara olahraga dan rekreasi itu, sangat membutuhkan stamina yang cukup prima dari para atlet.

Dalam olahraga triathlon, setelah melakukan renang tiga putaran, atlet triathlon akan langsung naik sepeda di jalur menanjak dan dilanjutkan berlari di jalan beraspal, tanpa henti dan harus dalam satu rangkaian. Peserta star dan finish di komplek wisata Telaga Bedakah Desa Tlogomulyo Kertek Wonosobo.

Ke-75 atlet triathlon pada mulai pukul 07.00 WIB sudah melakukan balap renang tiga putaran sepanjang 300 meter di Telaga Bedakah. Selanjutnya peserta mengayuh sepeda di track jalan menanjak, datar dan turun sejauh 20 kilometer dan diteruskan berlari marathon sepanjang 5 kilometer hingga ke garis finish.

Event tersebut dilepas Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar secara bergantian. Turut hadir pula Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Provinsi Jateng Juki Baskorowati, Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo dan Kajari setempat, Efendri Eka Saputra.

Dalam kegiatan triathlon saat ini, dilombakan kelas di bawah umur 20 tahun putra, di atas umur 40 putra, umum putra dan putri serta kelas TNI-Polri. Para atlet triathlon mengaku medan yang ada cukup menantang dan cuaca dingin sangat menguras tenaga saat berenang, bersepeda maupun berlari. Mereka rata-rata baru kali pertama menjajal track olahraga triathlon di Wonosobo ini.

Luar Negeri

Peraih juara olahraga triathlon menerima hadiah dari Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

Kabid Keolahragaan Disdikporapar Jateng Juki Baskorowati menyebut ke-75 peserta triathlon terdiri 8 atlet luar negeri yakni berasal dari negara Aljazair, Australia dan Brazil. Sedang sisanya atlet dalam negeri dari 12 Provinsi di Indonesia.

“Gelaran event triathlon kali ini sangat menarik dan unik. Karena biasanya olahraga triathlon diselenggarakan di wilayah lautan dengan udara panas. Tapi saat ini event triathlon digelar di wilayah pegunungan dengan medan turun- naik dan dengan cuaca yang cukup dingin. Ini tentu yang sangat menantang bagi para atlet triathlon,” ujarnya.

Pihaknya berharap event olahraga triathlon dan duathlon yang diikuti atlet dari luar negeri mampu bisa mampu menggaet turis asing tertarik datang ke Indonesia, termasuk ke Wonosobo, untuk berolahraga sekaligus menikmati destinasi wisata alam yang ada. Mereka bisa menjadi duta wisata Indonesia di negaranya masing-masing.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengaku sangat mengapresiasi Disdikporapar Jateng yang menggelar “Specta Sindoro-Sumbing Triathlon Duathlon Challenge 2024” di sekitar Telaga Bedakah Desa Tlogomulyo dan area wisata jalan baru Blembem Desa Pagerejo Kertek Wonosobo.

“Ajang olahraga dan rekreasi triathlon dan duathlon terhitung sudah 5 kali di gelar di Wonosobo. Ini tentu sangat istimewa dan menarik sekali. Sebab telah memberi dampak ekonomi dan wisata bagi masyarakat sekitanya. Telaga Bedakah dan area wisata jalan baru Blembem kini tentu semakin terkenal di mana-mana,” kata dia.

Di event triathlon dan duathlon kali ini, lanjut Afif, juga sudah turut serta altet lokal asal Wonosobo yakni Sella dan atlet pemula Nadine. Dia berharap dengan adanya venue dan event olahraga triathlon dan duathlon di daerahnya, akan menjadi inspirasi pelajar dan pemuda setempat untuk menggeluti olahraga ini.

Muharno Zarka