Prof Agung (ketiga dari kanan) berfoto bersama para pekurban. Foto: rsisa

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, pada Rabu (19/6/2024), menggelar acara penyembelihan hewan kurban, dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, yang dilakukan di area parkir rumah sakit.

Tahun ini, panitia menerima penyaluran hewan kurban dari pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA), Kopmensa, pegawai RSISA, dokter, dan para mitra. Saat itu terkumpul sebanyak 21 ekor sapi, dan 26 ekor kambing.

Ketua panitia kegiatan ini, Ustadz Burhan Ali Setiawan SHI MHI menyampaikan, jumlah hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan, dibandingkan tahun sebelumnya. Pihaknya juga memberikan apresiasi pada mitra RSISA, seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Jateng Syariah, atas keikutsertaannya dalam kegiatan ini.

BACA JUGA: Program Magang Gemilang di Batang Cetak Naker Berkualitas

Amanah daging kurban telah di-tasharuf-kan untuk masyarakat terdampak bencana rob di Desa Timbulsloko, Sayung, Demak. Foto: rsisa

”Saya mewakili panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pekurban, yang telah mengamanahkan kepada kami. Insya Allah daging kurban kita bagikan pada orang-orang yang sesuai dengan syariat, yang perlu kita tasharruf-kan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSISA Semarang, Prof Dr dr Agung Putra MSi Med menyatakan, peningkatan jumlah hewan kurban ini menandakan, banyak orang yang mengamalkan Surat Al-Kautsar ayat 1-3. ”Bahwa kita diperintahkan, ketika ada kenikmatan maka dirikanlah shalat dan berkurbanlah,” terangnya.

Prof Agung juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya pada para pekurban, yang menyalurkan hewan kurban kepada panitia RSISA Semarang. Diakhir acara, dilakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh Prof Agung, Bank Jateng Syariah, dan Bank Syariah Indonesia, kepada panitia kurban RSISA.

Usai acara penyembelihan hewan kurban, daging kemudian dikumpulkan dan di-tasharuf-kan kepada warga sekitar, pondok pesantren dan panti asuhan. Selain itu juga, diberikan pada masyarakat yang terdampak bencana rob di Desa Timbulsloko, Sayung, Demak.

Riyan