Kantor Perwakilan BI Jateng menggelar acara bedah buku sekaligus peresmian Komunitas Baca Tulis Bank Indonesia Semarang, Rabu 19 Juni 2024. Foto: Humas BI Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai rangkaian World Book Day 2024 pada Rabu 19 Juni 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan bedah buku dan peresmian komunitas baca “KAMUS” (Komunitas Baca Tulis Bank Indonesia Semarang).

Kegiatan yang bertema “Optimalisasi Diri melalui Penguatan Literasi” ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca tulis masyarakat sekaligus memberikan self-awareness dalam mengoptimalisasi kemampuan diri untuk mencapai potensi terbaik.

Dalam meningkatkan jangkauan literasi kepada seluruh lapisan masyarakat di Jawa Tengah, kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, De Francisco Da Silva Tavares.

“Bank Indonesia senantiasa memberikan dukungan terhadap upaya meningkatkan minat baca maupun tulis masyarakat dan mengoptimalisasi fungsi perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Bapak Rahmat Dwisaputra.

Adapun salah satu upaya yang didorong BI saat ini yakni melalui komunitas baca “KAMUS” yang bersinergi dengan komunitas baca lain yang sudah ada di Jawa Tengah, terutama di Kota Semarang.

Bedah buku dengan  narasumber utama Fellexandro Ruby sebagai penulis buku “You Do You” membahas pengembangan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Bedah buku ini menjadi bagian peresmian Komunitas baca “KAMUS” sehingga diharapkan memberikan insight dalam meningkatkan self awareness maupun eksplorasi potensi terbaik diri untuk menjadi pribadi yang kompeten dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, De Francisco Da Silva Tavares, menyambut baik upaya Bank Indonesia dalam mendukung minat baca di Jawa Tengah.

“Apresiasi diberikan kepada Bank Indonesia atas kerja sama dan sinergi yang selama ini telah terbangun dengan baik, sehingga diharapkan kedepan koordinasi yang solid tetap terjaga,” katanya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, pelaksanaan agenda bedah buku dan peresmian komunitas baca tulis ini tidak terlepas dari semangat Bank Indonesia untuk menjadi Institutional Leaders dalam upaya membangun generasi penerus bangsa yang kompetitif dalam menyambut Indonesia Emas 2045 mendatang.

Hery Priyono