Sayur kunci ikan asap dan sambel. Foto: (Yutube sharing masak) memasak

JEPARA (SUARABARU.ID)- Salah satu menu makan siang favorit masyarakat Jepara adalah duduh kunci, sambel, dan iwak bakaran atau sayur bening, sambal dengan lauk ikan asap. Sebuah menu kuliner sederhana namun tidak membosankan.

Penjual ikan asap di Jepara.

Bahan-bahannya sangat sederhana, antara lain rempah kunci, bawang merah, bawang putih, garam, gula, bayam, wortel, labu siyem. Bisa juga ditambah dengan jagung manis dan tempe. Untuk ikan bakarnya menggunakan ikan asap, bisa ikan tongkol maupun ikan pari.

Untuk bahan sayur kunci, semua bahan sepert kunci, bayam, wortel, jagung manis, bawang merah, bawang putih, garam, gula, direbus jadi satu. Setelah itu persiapkan bahan untuk sambal. Khusus untuk cabenya direbus, kemudian ditiriskan, bersama trasi, gula garam, diulek jadi satu.

Semua jenis ikan asap cocok untuk perpaduan dengan sambal dan sayur kunci. Setelah ikan asap siap kemudian dipecel menjadi satu dengan sambal dan tempe rebus. Duduh kunci, iwak bakaran siap dihidangkan selagi panas. Sebagai pelengkap lalapan bisa menggunakan daun kemangi dan kecambah, hidangkan saat makan siang.

Berikut bahan-bahannya:

  1. Ikat bayam
  2. 1 potong labu siyem, wortel, jagung manis
  3. 5 butir besar bawang merah
  4. 1 ruas temu kunci
  5. Garam dan gula secukupnya
  6. Bawang putih 1/3
  7. 2 liter air
  8. 5 potong ikan asap/bakar
  9. 1 kotak tempe
  10. Garam dan gula secukupnya
  11. Terasi matang

ua