Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono (keempat dari kiri) saat meninjau sarana air bersih sumur bor program Manunggal TNI AD di Dusun Babadan, Desa Banaran, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Edi Ristriyono, minta agar warga masyarakat setia menjaga sarana air bersih yang dibangun melalui sumur bor program TNI AD. Tujuannya, agar dapat terus bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, permintaan Dandim tersebut disampaikan saat meninjau sumur bor yang berada di Dusun Babadan RT 02/03, Desa Banaran, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Sumur bor itu dibangun melalui program Manunggal TNI AD.

Program TNI AD Manunggal Air Bersih ini, merupakan salah satu program unggulan TNI AD yang pernah dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Sebagai upaya untuk membantu masyarakat mengatasi krisis air, utamanya saat datang musim kemarau.

Ini berkaitan erat dengan komitmen kuat dari TNI-AD, dalam menudukung upaya pemerintah untuk memerangi stunting. Upaya mewujudkan ketersediaan air bersih, menjadi salah satu faktor utama dalam mendukung program percepatan penurunan stunting. Juga untuk meringankan warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersihnya,

Di hadapan Dandim, Ketua RT setempat Tugino, mengucapkan terima kasih kepada TNI AD yang telah membuatkan sumur bor di Dusun-nya. Sumur bor ini bermanfaat memenuhi kebutuhan air sehari-hari bagi sebanyak 30 keluarga. Kata Tugino, sudah sekitar satu tahun ini warga dapat menikmati air bersih tanpa ada kendala.
Bambang Pur